Setelah Ditanam Pisang, Dinas PUPR Mulai "Lirik" Jalan Pesisir

Tanam-pisang-di-jalan-pesisir.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beberapa jalan di Kota Pekanbaru mengalami kerusakan. Salah satunya sepanjang 1,5 kilometer Jalan Pesisir di Kelurahan Meranti Pandak,  Kecamatan Rumbai (sebelumnya Rumbai Pesisir) rusak berat. 

Ketua RW 08 Kelurahan Merantik Pandak, Abu Hasan Azari mengatakan, warga yang kesal karena jalan rusak dan membahayakan pengguna jalan, sengaja menanam pohon pisang di sepanjang Jalan Pesisir. 

 

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Indra Pomi Nasution mengatakan,  jalan yang rusak akan segera ia perintahkan staf untuk melakukan pengecekan. 

 

Indra mengatakan, untuk diawal tahun 2021 ini, pihaknya akan melakukan survei  terlebih dulu, setelah itu baru satu-satu akan di eksekusi. 

 

"Kita prioritas kan nanti jalan-jalan ditempat pendidikan, jalan protokol, kemudian tempat perbelanjaan yang sering dikunjungi oleh masyarakat, pasar juga," katanya kepada wartawan. 


 

Lebih lanjut, Indra berujar, untuk perbaikan jalan rusak sendiri, pihaknya akan melihat terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan. Jika kerusakannya masih dibawah 40 %, maka akan dilakukan tambal sulam. Kalau kerusakan diatas 40 %, akan di programkan agar ada pemeliharaan tetap.  Overlead. 

 

 

"Kalau overlead harus mengikuti  mekanisme anggaran perubahan. Paling cepat di 2022. Untuk dana perbaikan sendiri, ditahun ini turun karna kondisi keuangan kita. Tahun kemaren di 18 milliar, sekarang di angka 16 milliar," pungkasnya.