Sebelum Pakai Kontak Lensa, Baca Dulu Tips Ini

Kontak-Lensa.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lensa kontak memang dapat mempercantik tampilan mata di wajah. Namun jangan asal membeli lensa kontak.

 

Salah pilih lensa kontak, tak hanya dapat menyebabkan iritasi namun juga berakibat buruk bagi kesehatan mata di jangka panjang.

 

Berikut hal harus diperhatikan sebelum membeli lensa kontak:


- Lakukan tes gangguan penglihatan yang dialami mata, (myopi, hyperopi, dan lain-lain)

 

- Tes ukuran kornea

 

- Tes produksi air mata

 

- Riwayat kesehatan keluarga, riwayat infeksi dan alergi, kondisi mental. 

 

- Cermati obat-obatan yang Anda konsumsi. 

 

- Lingkungan kerja dan lingkungan sosial (ruangan kerja yang ber-AC, frekuensi penggunaan komputer, tingkat polutan, dan lain-lain). 

 

Lensa Kontak

 

- Disain atau jenis lensa kontak yang nyaman dan pas sangat individual, artinya yang cocok bagi orang lain belum tentu cocok bagi Anda, dan sebaliknya. Nyaman atau tidaknya lensa kontak Anda sangat tergantung pada kepiawaian dan kecermatan pengepasan lensa kontak serta keadaan mata Anda. 

 

Baca Juga: Enam Cara Praktis Bersihkan Kontak Lensa


 

- Gunakan terlebih dahulu lensa kontak sebelum Anda berdandan. Dan lepaskan terlebih dahulu lensa kontak sebelum Anda membersihkan sisa make-up. 

 

Harus Dilakukan: 

- Selalu cuci dan keringkan tangan sebelum memegang lensa kontak. keringkan tangan dengan kain katun atau tissue agar tak meninggalkan noda pada lensa kontak. 

 

- Gunakan hanya larutan lensa kontak khusus yang baru/segar saat melumas, membasahi, dan mendisinfeksi lensa kontak. 

 

- Segera lepaskan lensa kontak jika mata menjadi merah, gatal, iritasi, sakit, dan peka terhadap cahaya, atau jika penglihatan Anda memburuk setelah pemakaian lensa kontak. 

 

- Gunakan terlebih dahulu lensa kontak sebelum Anda berdandan. Dan lepaskan terlebih dahulu lensa kontak sebelum Anda membersihkan sisa make-up

 

Gunakan kosmetik berbahan dasar air yang lebih aman bagi lensa kontak dibanding kosmetik berbahan dasar minyak

 

Tanyakan pada dokter mata Anda sebelum menggunakan lensa kontak saat berolahraga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lensa kontak dan atau mata Anda. 

 

Check-up kesehatan mata Anda di dokter spesialis mata secara teratur, setidaknya sekali dalam enam atau 12 bulan

 

lensa kontak

 

Tak Harus Dilakukan:

- Gantilah secara berkala, karena lensa kontak sudah lewat masa berlakunya dapat menyebabkan komplikasi serius pada mata dan penglihatan. 

 

- Memakai lensa kontak yang telah rusak, meski rasanya baik-baik saja. Lensa yang rusak bisa membahayakan mata lebih dari yang terlihat. 

 

- Memakai lensa yang terasa tak nyaman, menimbulkan rasa sakit, atau mengganggu penglihatan

 

Klik Juga: Yang Dilarang dan Harus Dilakukan Pengguna Lensa Kontak

 

- Mencampur aneka produk lensa kontak karena bisa menimbulkan reaksi kimia yang dapat merusak atau mengubah warna lensa kontak, membuat mata teriritasi, atau mengurangi efektivitas produk itu sendiri. 

 

- Memakai lensa kontak lebih lama dari yang dianjurkan. Lepas lensa kontak menjelang tidur. 

 

- Menggunakan eye-liner pada kelopak mata bagian dalam karena dapat menghambat kelenjar meibomian dan menimbulkan infeksi, rasa tak nyaman, serta penumpukan kotoran (deposit) pada lensa kontak. 

 

- Menggunakan make-up yang sudah kadaluwarsa karena berpotensi menjadi sarang bakteri, jamur, atau mikro-organisme lain yang meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada mata. (Elizabeth Swanti)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline