Riau Diguyur Hujan, Tapi Titik Panas Sumatera Meluas

Asap-Selimuti-Jembatan-Siak-III.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stsiun Pekanbaru menyebutkan, satelit Tera dan Aqua memantau 581 titik panas tersebar di sejumlah wilayah Sumatera. Jumlah tersebut jauh meningkat dari hari sebelumnya 197 titik. Provinsi Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 483 titik.

 

"Titik panas terpantau pukul 05.00 pagi," kata Kepala BMKG stsiun Pekanbaru, SUgarin Widayat, Ahad (25/10/2015).

 

Menurut Sugarin, kemunculan titk panas juga tesebar di beberapa daerah seperti Jambi 55 titik, Bangka Belitung 16 titik, Kepulaun Riau delapan titik, Lampung lima titik dan Bengkulu dua titik.


 

Sedangkan untuk wilayah Riau terpantau 12 titik panas yang tersebar di Pelalawan tiga titik, Indragiri Hilir tiga titik, Indrgiri Hulu empat titik dan Siak tiga titik. "Tingkat kepercayaan di Riau di atas 70 persen atau sembilan titik panas," ujarnya.

 

Sugarin menjelaskan, secara umum kondisi cuaca wilayah Riau berawan diselimuti kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Riau bagian utara, tengah dan tengah. "Temperatur maksimum 31.0-33.5 derjat calcius," jelasnya.

 

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan masih mengganggu sejumlah wilayah Riau meski sebagian daerah telah diguyur hujan dalam inensitas ringan. Di pekanbaru jarak pandang masih berada pada radius 1000 meter, Rengat 100 meter dan Dumai 500 meter. Sementara di Pelalawan 500 meter diprediksi bakal terjadi lagi hujan disertai petir.