Malaysia Kirim Surat untuk Indonesia Terkait Kabut Asap, Ini Isinya

Kabut-asap-di-malaysia.jpg
(Foto: Dok. Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Pemerintah Malaysia mengirimi Indonesia surat terkait kabut asap. Hal ini dibenarkan Kementerian Luar RI. Surat itu berisikan ajakan kerja sama penanganan asap.

"Benar Pemerintah Malaysia sudah berkirim surat kepada Menteri Lingkungan Hidup Indonesia," kata jubir Kemlu Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangannya, Jumat, 6 Oktober 2023.

"Inti surat tersebut menyampaikan kondisi kualitas udara terakhir di Malaysia dan kesiapan Malaysia untuk bekerja sama tangani kebakaran hutan yang terjadi, jika pemerintah Indonesia memerlukan," sambung dia.

Iqbal tidak mengungkap adanya kemungkinan Indonesia bersedia bekerja sama dengan Malaysia.


Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menegaskan dirinya tidak mengerti dengan alasan Malaysia menduga kabut asap berasal dari Indonesia.

"Saya tidak tahu apa dasar yang dipakai Malaysia menyampaikan pernyataan itu. Kami bekerja tidak atas permintaan Malaysia," kata Siti saat dihubungi kantor berita Reuters, sebagaimana dikutip dari kumparan, Jumat, 6 Oktober 2023.

Menteri Malaysia Nik Nazmi Nik Ahmad menyurati Indonesia terkait asap atas perintah Perdana Menteri Anwar Ibrahim pada Rabu, 4 Oktober 2023. Ia pun menanti jawaban dari Pemerintah Indonesia.

Malaysia sejak pekan lalu menuduh bahwa asap yang menyelimuti wilayahnya berasal dari kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Malaysia bahkan menegaskan tidak ada titik api di wilayahnya.

Pekan lalu Menteri Siti juga menegaskan bahwa tidak ada kabut asap Indonesia melintasi Malaysia.