Profil Abby Choi yang Tewas Dimutilasi, Potongan Tubuhnya Ditemukan di Panci Sup

Abby-Choi.jpg
(Instagram/@xxabbyc)

RIAU ONLINE - Publik digemparkan dengan kabar mutilasi seorang model dan influencer asal Hong Kong, Abby Choi (28).

Choi dihabisi dengan cara mengenaskan oleh keluarga termasuk mantan suaminya, Alex Kwong (28).

Polisi dan tim forensik menemukan potongan tuh Choi di dalam panci sup besar. Di panci itu ada tengkorak kepala, tulang rusuk, serta lobak dan wortel.

Sedangkan kedua kaki Choi ditemukan di dalam kulkas sebuah rumah tiga lantai di pinggiran Kota Kowloon, di Liung Mei Tsuen. Polisi turut menemukan alat penggiling daging, gergaji listrik, golok daging, palu, pelindung wajah, jas hutan hitam, dan tas berwarna ungu milik Choi.

Pihak kepolisian menyebut, motif di balik pembunuhan ibu beranak empat itu berkaitan dengan cekcok soal harta. Mantan ayah Choi dilaporkan tidak senang dengan caranya mengelola aset properti mewah, sehingga memicu terjadinya pembunuhan.

Mantan ayah mertuanya ini pula yang diisukan menjadi dalang pembunuhan wanita malang itu.

Abby Choi lahir di Hong Kong pada 11 Juli 1994. Wanita yang terlahir dengan nama asli Cai Tian Feng itu berasal dari keluarga kaya dan berada dengan bisnis properti mewah di China, termasuk Kadoorie Hill di Ho Man Tin dan Manhattan Hill di Lai Chi Kok.

Dari keluarganya pula Choi mewarisi naluri pengusaha, bahkan ia sempat menjadi direktur di empat perusahaan berbeda dan memiliki kekayaan bersih sedikitnya HKD 100 juta atau senilai Rp 195 miliar.

Selain pengusaha, Choi juga dikenal luas sebagai model ternama, influencer di media sosial, dan sosialita. Instagram Choi kini dipenuhi dengan lebih dari 100 ribu orang, dan meningkat sejak kabar kematiannya menggemparkan warga Hong Kong.


Dilansir dari kumparan, Selasa, 28 Februari 2023, Choi di akun Instagram tampak sering menjajaki acara fashion show yang dihadiri brand eksklusif dunia, seperti Fendi, Louis Vuitton, Hermes, hingga Dior.

The Straits Times memberitakan bahwa Choi merupakan seorang tamu reguler acara bergengsi Paris Fashion Week dan sering kali tampil sebagai model di berbagai majalah mode populer dunia, seperti Elle, Vogue, dan Harper's Bazaar.

Menurut laporan, Choi juga pernah berfoto bersama selebriti Hollywood, salah satunya rapper dan produser Pharrell Williams ketika menghadiri pesta yang digelar brand mewah Chanel di tahun 2018.

Di usianya yang masih 18 tahun, Choi menikah dengan Alex Kwong pada 2012, yang kini menjadi tersangka dalam kasus pembunuhannya.

Bersama Kwong, Choi melahirkan dua dua orang anak perempuan dan menafkahi sang suami yang kala itu tidak bekerja.

Namun, pernikahan Choi dan Kwong hanya seumur jagung. Sekitar 2015 atau 2016, mereka bercerai. Tak lama kemudian, Choi dinikahi seorang putra dari pendiri restoran TamJai Yunnan Mixian, bernama Tam Chuk Kwan. Dari pernikahan keduanya ini, Choi dikaruniai dua orang anak.

Kendati sudah bercerai, ternyata Choi masih membiayai hidup mewah mantan suaminya itu, bahkan mempekerjakan abang mantan suaminya sebagai sopir pribadi.

Menjelang akhir tahun lalu, konflik mulai tampak antara Choi dan keluarga mantan suaminya itu. Saat itu dia menyatakan niatnya untuk menjual properti di Kadoorie Hill atas nama mantan ayah mertuanya.

Niat ini justru mengarah pada perselisihan lebih lanjut terkait kepemilikan dan potensi penyalahgunaan dana.

Keselamatan Choi pun mulai menjadi kekhawatiran, yang memicu dorongan seseorang berbuat jahat untuk merebut aset properti yang cukup besar itu.

Sebelum kasus mutilasi ini terungkap pada Jumat, 24 Februari 2023, Choi sempat dilaporkan hilang Selasa, 21 Februari 2023 lalu.

Kekinian, polisi berhasil menyerahkan empat orang tersangka yang tak lain adalah keluarga mantan suaminya sendiri ke pengadilan, yakni Kwong, ayah, ibu, dan abangnya.

Sementara, ibu mertuanya didakwa atas tuduhan melakukan obstruction of justice, sedangkan ayah mertuanya diduga kuat mendalangi dan merencanakan pembunuhan sadis tersebut.