Heboh Video Viral, 2 Wanita Nonmuslim Masuki Masjid Nabawi Madinah

Dua-wanita-nonmuslim-masuk-nabawi.jpg
(Tangkapan layar/Twitter/@mL5tf8Rs4role)

RIAU ONLINE - Sebuah video yang menggambarkan dua wanita nonmuslim memasuki pelataran Masjid Nabawi viral di Arab Saudi. Insiden itu terjadi pada Selasa, 7 Februari 2023.

Tampak dalam video tersebut, dua wanita berambut pirang sedang berbicara dengan petugas keamanan Masjid Nabawi, Madinah. Kedua wanita itu memakai pakaian yang tidak sesuai dengan kesucian Masjid Nabi itu.

Mereka memakai celana panjang, seorang di antaranya memakai celana jeans dan jaket cokelat. Pakaian keduanya tidak tertutup dan tanpa hijab, seperti wanita pada umumnya.

Keduanya dicegat oleh petugas keamanan saat masuk ke pelataran Masjid Nabawi. Petugas menanyai mereka dan memberi penjelasan.

Dalam video juga terdengar kumandang azan. Para jamaah pun hilir mudik memasuki masjid. Tampak pula saf-saf jamaah pria yang tengah menanti salat berjamaah. Sementara dua wanita itu berada di belakang dengan pembatas.


Menanggapi video viral tersebut, Badan Urusan Masjid Nabawi sebagai pengelola masjid mengatakan bahwa kedua wanita nonmuslim memasuki pelataran Masjid Nabawi dengan mengenakan pakaian yang tidak pantas dengan kesucian masjid adalah karena kesalahaan yang tidak disengaja.

“Kedua wanita itu memahami tentang keistimewaan dan kesucian Masjid Nabawi setelah mendapat penjelasan tentang hal itu dan pencerahan tentang pesan luhur Masjid Nabawi,” ungkap pengelola masjid, sebagaimana diberitakan Saudi Gazette, dikutip dari kumparan, Jumat, 10 Februari 2023.

Pengelola masjid akan meningkatkan langkah-langkah agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan.

Pemerintah Arab Saudi memang memberlakukan larangan bagi nonmuslim memasuki Masjid Nabawi, masjid suci terbesar di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah.