Militer Tangkap Ovidio Guzman Lopez Putra Legenda Narkoba Mexico

pistol.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, MEXICO CITY-Kekacauan terjadi di atas penerbangan Aeromexico ketika pesawat itu diserang oleh tembakan di bandara Meksiko setelah penangkapan Ovidio Guzmán-López, putra dari gembong narkoba terkenal Joaquin "El Chapo" Guzman.

David Tellez, 42, berbagi rekaman ponsel di Twitter Kamis yang menunjukkan para pemumpang yang ketakutan di atas Aeromexico Flight 165 dari Culiacan ke Mexico City berjongkok di lantai di antara deretan kursi ketika seorang anak meratap di latar belakang.

Tellez terbang pulang bersama istri dan ketiga anaknya, yang berusia tujuh, empat, dan satu tahun, setelah menghabiskan Natal bersama keluarga.

“Saat kami mempercepat lepas landas, kami mendengar suara tembakan sangat dekat dengan pesawat, dan saat itulah kami semua menjatuhkan diri ke lantai,” kata Tellez.

Kekerasan mematikan pecah di seluruh kota utara Culiacan setelah penangkapan Guzmán-López, yang dijuluki "El Raton". atau "Tikus", yang dikatakan sebagai anggota senior kartel narkoba Sinaloa yang pernah dipimpin oleh ayahnya yang sekarang dipenjara.

Penangkapan gembong muda itu memicu baku tembak yang luas dan intens yang menewaskan 10 anggota militer Meksiko dan 19 tersangka pengedar narkoba.


Tellez mengatakan dia dan keluarganya telah mencapai bandara di Culiacan untuk penerbangan pukul 08:24 tanpa insiden, meskipun mengalami blokade jalan setelah baku tembak semalam.


Meskipun penangkapan Guzmán-López belum dikonfirmasi pada saat itu, penjaga keamanan yang gelisah mendesak para pelancong untuk segera masuk.


Tellez bersembunyi di kamar mandi bandara bersama istri dan anak-anaknya setelah mendengar anggota kartel berada di bandara. Rumor tersebut ternyata tidak benar, dan para pelancong Aeromexico naik ke pesawat.

Tepat ketika penerbangan komersial hendak lepas landas, dua pesawat militer besar mendarat dengan pasukan bersama dengan tiga atau empat helikopter militer, dan marinir serta tentara mulai dikerahkan di sepanjang landasan pacu.

Tellez mengeluarkan ponselnya, merekam beberapa video yang menunjukkan pesawat angkut besar angkatan udara, pesawat serang yang lebih kecil, seperti pesawat tempur, dan truk militer di landasan.

Saat Penerbangan 165 akhirnya bersiap untuk berakselerasi, Tellez mendengar suara tembakan di kejauhan. Dalam 15 detik, suara itu tiba-tiba menjadi lebih kuat dan lebih dekat, dan para penumpang menjatuhkan diri ke lantai, katanya.

Dia tidak tahu pesawat itu terkena tembakan sampai seorang pramugari memberi tahu mereka bahwa mesinnya rusak, menyebabkan kebocoran. Tidak ada yang terluka, tetapi pesawat kembali ke terminal.

Para kru mengarahkan penumpang untuk turun dari pesawat, memindahkan mereka ke ruang tunggu tanpa jendela di bandara.

Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Meksiko Luis Cresencio Sandoval menggambarkan pertempuran di Culiacan yang menyerupai perang: orang-orang bersenjata kartel menembaki pasukan dengan senapan mesin kaliber .50, dan tentara menanggapi dengan memanggil helikopter tempur Blackhawk untuk menyerang konvoi 25 kendaraan kartel , termasuk platform senjata kartel yang dipasang di truk.

Kartel kemudian menembaki pesawat militer, memaksa dua dari mereka jatuh dengan "sejumlah dampak yang signifikan" di masing-masing dari dua pesawat, kata Sandoval.

Geng itu kemudian mengirim gerombolan orang bersenjata untuk menyerang pesawat sayap tetap, baik militer maupun sipil, di bandara kota untuk mencegah pihak berwenang menerbangkan Guzman ke luar kota.

Namun Sandoval mengatakan, mengantisipasi perlawanan, pihak berwenang segera memuat gembong kartel ke helikopter militer untuk menerbangkannya langsung kembali ke Mexico City.

Pelaku perdagangan manusia berusia 32 tahun itu kemudian dibawa dengan helikopter ke penjara dengan keamanan maksimum di dekat Toluca.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya menjanjikan hadiah $5 juta untuk informasi tentang keberadaan Guzmán-López. Dia diduga menjalankan 11 laboratorium metamfetamin yang memproduksi 5.000 pon obat mematikan itu setiap bulan.

Ayahnya menjalani hukuman seumur hidup di penjara federal Colorado setelah dinyatakan bersalah melakukan kejahatan dan distribusi kokain pada tahun 2019 dikutip dari suara.com