Menelusuri Itaewon, Lokasi Tragedi Pesta Halloween Korea Selatan

Ratusan-orang-tewas-di-Itaewon.jpg
(Suara.com)

RIAUONLINE - Sebanyak 149 orang meninggal dunia dan 76 orang mengalami luka-luka dalam tragedi pesta halloween di Itaewon Korea Selatan, pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Menjelang tengah malam kerumunan warga berkostum horor memadati kawasan Itaewon dan kian membludak hingga tak terkendali.

Pukul 22.20 waktu setempat, kondisi semakin parah di satu jalan sempit yang menanjak. Ketika itu, ada yang terjatuh di sisi atas jalan hingga menimpa warga berjubel di bawahnya.

Kepanikan pun menyebabkan pengunjung saling injak. Petugas lantas berdatangan lengkap dengan ambulans.

Nahas, mereka kesulitan untuk dapat melakukan evakuasi karena banyak warga yang datang, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 30 Oktober 2022.

Setelah berada di lokasi kejadian pun, petugas meminta bantuan warga untuk melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation) yang merupakan pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan bernapas.


Diketahui, korban tewas disebut tak hanya saling injak, namun juga karena sesak nafas hingga serangan jantung

Kini, Itaewon tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai negara. Terlepas dari tragedi pesta halloween itu, banyak publik yang penasaran dengan Itaewon.

Itaewon, sebuah tempat atau pemukiman atau disebut dong yang berada di Kota Seoul. Itaewon punya ciri khas yang bukan budaya Korea dan dikenal sebagai distrik intenasional Korea.

Distrik ini letaknya di kawasan Yongsan-gu, sisi selatan Myoengdong dan sisi utara Sungai Han. Itaewon menjadi distrik yang umum bagi para pelancong mancanegara di Seoul. Di sini, banyak tempat-tempat unik serta identik dengan hiburan malam beratmosfir khas internasional.

Menariknya lagi, Itaewon dikenal sebagai pusat untuk pembelajaran agama Islam di Seoul, bahkan dibangun Seoul central Mosque. Di tempat itu, ada banyak restoran halal dan banyak wanita berhijab dengan wajah khas timur tengah.

Itaewon yang menjadi salah satu pusat keramaian di Seoul kemudian tercatat sebagai wilayah termahal ketiga di Seoul. Sebab, range harga sewa toko di kawasan Itaewon itu saja dibanderol dengan harga hingga 120 jutaan per bulan.

Berbagai spot unik ditemukan di Itaewon. Beberapa di antaranya menjadi syuting Kdrama Itawon Class yang dibintangi Park Seo Joon, G Guesthouse (gedung lokasi syuting drakor Itaewon Class), dan The Finest Lounge.

Di Itaewon pula berdiri Namsan Botanical Garden yang menjadi lokasi syuting drakor Black Knigth: The man Who Guards Me"), dan Antique Story, toko barang antik dalam drama Hwayugi.

Namun kini, Itaewon menjadi lokasi tewasnya ratusan jiwa yang justru meregang nyawa di tengah suka cita masyarakatnya.