Presiden Joe Biden Positif Covid-19 di Usia ke-79, Bahaya Ngak Sih?

Jokowi32.jpg
((Twitter @jokowi))

RIAU ONLINE, WASHINGTON-Presiden Joe Biden dinyatakan positif Covid-19. Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean Pierre mengatakan Biden yang saat ini berusia 79 tahun akan terus menjalankan semua tugasnya meskipun dinyatakan positif COVID-19.

"Dia divaksinasi penuh dan dua kali dikuatkan dan mengalami gejala yang sangat ringan," kata Jean-Pierre dikutip dari ANTARA.

Biden mulai menjalani pengobatan dengan menggunakan antivirus Paxlovid. Jean-Pierre mengatakan Biden telah berbicara dengan anggota staf Gedung Putih melalui telepon pagi ini, dan akan berpartisipasi dalam pertemuan yang direncanakan di Gedung Putih melalui telepon dan Zoom dari kediamannya.

"Konsisten dengan pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dia akan melakukan isolasi mandiri di Gedung Putih dan akan terus menjalankan semua tugas sepenuhnya selama waktu itu," kata dia lagi.


Berusia 79 tahun, Joe Biden termasuk populasi risiko tinggi yang bisa mengalami dampak buruk berkepanjangan akibat Covid-19.

Data dari unit biostatistik MRC Universitas Cambridge memperkirakan tingkat kematian akibat infeksi – jumlah orang yang meninggal setelah tertular Covid-19 – adalah 3,4 persen untuk semua orang yang berusia di atas 75 tahun.


Tetapi angka dari Kantor Statistik Nasional (ONS) menunjukkan bahwa untuk setiap 100.000 orang berusia di atas 90 tahun yang telah didorong, akan ada 343 kematian yang diperkirakan, atau risiko 0,34 persen kematian dikutip dari suara.com

Metrik ini, yang dikenal sebagai angka kematian standar usia, sepuluh kali lebih tinggi untuk orang yang tidak divaksinasi, dengan 3.237 kematian diperkirakan per 100.000, atau 3,2 persen.

Untungnya, itu secara intrinsik jauh lebih ringan daripada jenis sebelumnya dan lebih mungkin muncul sebagai pilek.