Amber Heard Minta Hukumannya Dibatalkan tapi Ditolak Hakim

Amber-Heard2.jpg
([Steve Helber / POOL / AFP])

RIAU ONLINE, CALIFORNIA-Upaya Amber Heard untuk mengesampingkan hukuman $10 juta yang dijatuhkan kepadanya dan mendukung mantan suaminya, Johnny Depp, 

ditolak seorang hakim di Virginia, Amerika Serikat.

Johnny Depp memenangkan gugatan pencemaran nama baik terhadap Amber Heard bulan lalu dalam pengadilan sipil tingkat tinggi.

Amber memenangkan jumlah yang lebih kecil, $2 juta atas gugatan balik yang dia ajukan terhadap Depp.

Awal bulan ini, Amber Heard mengajukan mosi yang meminta agar vonisnya dikesampingkan, atau dinyatakan batal.

Pengacaranya menyebutkan beberapa faktor yang menjadi alasan, termasuk kasus kesalahan identitas dengan salah satu juri.

Namun, pada hari Rabu (13/07) dalam sebuah perintah tertulis, Hakim Penney Azcarate menolak semua klaim Amber Heard dan mengatakan bahwa masalah juri secara khusus tidak relevan dan Amber tidak menunjukkan bukti bahwa juri ini menimbulkan prasangka terhadapnya.

"Juri ini diperiksa, seluruh juri duduk bersama, berunding dan mencapai putusan," tulis Hakim Azcarate.

"Satu-satunya bukti di mata pengadilan ini adalah bahwa juri ini dan semua juri mengikuti sumpah mereka, instruksi dan perintah pengadilan," katanya.

"Pengadilan ini terikat oleh keputusan juri yang kompeten."

Johnny Depp menggugat $50 juta di Fairfax County setelah Amber Heard menulis artikel opini 2018 di The Washington Post tentang kekerasan dalam rumah tangga di mana dia menyebut dirinya sebagai "figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga".

Artikel itu tidak pernah menyebut nama Johnny Depp, tetapi pengacaranya mengatakan beberapa bagian dalam artikel itu secara implikasi mencemarkan namanya, dengan merujuk pada tuduhan pelecehan yang dipublikasikan yang dia buat pada tahun 2016 saat dia mengajukan gugatan cerai.


Amber Heard kemudian mengajukan gugatan balik senilai US$100 juta, juga untuk pencemaran nama baik.

Pada saat kasus itu berjalan di pengadilan, tuntutan baliknya telah dikurangi menjadi beberapa pernyataan yang dibuat oleh salah satu pengacara Johnny Depp, yang menyebut tuduhan pelecehan yang dilakukan Heard sebagai hoaks.

Juri memberikan $15 juta kepada Johnny Depp dan $2 juta kepada Amber Heard atas gugatan baliknya.

Tetapi angka $15 juta itu kemudian dikurangi menjadi $10,35 juta, karena hukum Virginia membatasi ganti rugi hanya sampai sebesar $350.000.

Hakim tidak menjelaskan alasannya menolak klaim lain Amber Heard dalam perintah hari Rabu.

Juri Nomor 15 dan kasus kesalahan identitas

Klaim lain Amber antara lain bahwa vonis senilai 10 juta dolar AS tidak didukung oleh fakta dan tampaknya menunjukkan bahwa juri gagal fokus pada dampak dari op-ed 2018 — seperti yang seharusnya mereka lakukan — dan, sebaliknya, hanya melihat secara luas kerusakan reputasi Depp sebagai akibat dari dugaan pelecehan tersebut.

Pengacara Amber juga berpendapat bahwa vonis untuk Johnny di satu sisi dan Amber di sisi lain pada dasarnya tidak masuk akal.

"Putusan duel juri tidak konsisten dan tidak dapat direkonsiliasi," tulis pengacaranya, Elaine Bredehoft dan Benjamin Rottenborn.

Pengacara Amber Heard juga menentang putusan dengan dasar bahwa salah satu dari tujuh juri yang memutuskan kasus tersebut tidak pernah dipanggil untuk tugas juri.

Menurut dokumen pengadilan, seorang penduduk county berusia 77 tahun menerima panggilan juri.

Namun, putra pria itu, yang memiliki nama yang sama dan tinggal di alamat yang sama, menanggapi panggilan itu dan menggantikannya.

Pengacara Amber Heard berpendapat bahwa hukum Virginia ketat tentang identitas juri, dan kasus kesalahan identitas adalah alasan untuk pembatalan persidangan.

Mereka tidak menunjukkan bukti bahwa putra berusia 52 tahun, yang diidentifikasi dalam dokumen pengadilan hanya sebagai Juri nomor 15, dengan sengaja atau diam-diam berusaha menggantikan ayahnya, tetapi mereka berpendapat bahwa kemungkinan itu tidak boleh diabaikan.

"Pengadilan tidak dapat berasumsi, seperti yang diminta Johnny Depp, bahwa Juri nomor 15 tidak tahu apa-apa dan melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Itu bisa saja merupakan upaya yang disengaja untuk menjadi juri dari kasus dengan profil yang tinggi ini," tulis pengacara Amber.

Amber Heard masih bisa mengajukan banding atas putusan tersebut ke Pengadilan Banding Virginia.

Masalah yang diajukan ke pengadilan banding bisa jadi berbeda dengan masalah yang ditolak Hakim Azcarate pada hari Rabu.

Dalam perintah terpisah, hakim memerintahkan agar puluhan dokumen pengadilan dibuka, termasuk mosi yang memaksa pemeriksaan medis independen terhadap Johnny dan Amber.

Beberapa dokumen akan tetap disegel, sebagian besar karena berisi informasi kontak pribadi atau informasi medis pribadi dikutip dari suara.com

"Dalam hal ini, kedua pihak yang berperkara menggugat satu sama lain, sehingga membuka diri ke forum publik pengadilan juri ... dan catatan pengadilan merupakan informasi publik," tulis Hakim Azcarate.