Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Meninggal setelah Ditembak saat Pidato

Shinzo-Abe2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TOKYO-Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia setelah ditembak. orang tidak dikenal di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Abe tutup usia usai mendapatkan penanganan medis

Melansir dari NHK, penyiar publik Jepang, kabar duka tersebut disampaikan oleh seorang pejabat senior Partai Demokratik Liberal.

Sebelumnya, Abe ditembak ketika tengah berpidato untuk kampanye kandidat anggota majelis tinggi dari Partai Demokratik Liberal.

Menurut laporan TBS Television, Abe terkena tembakan di bagian kiri dadanya dan tampaknya juga di bagian leher.

Mengutip dari Reuters, stasiun penyiaran NHK mengatakan bahwa Abe tampaknya ditembak dengan senapan dari belakang oleh seorang pria.

Kantor berita Kyodo mengatakan jantung Abe tampaknya berhenti berdetak ketika tokoh berusia 67 tahun itu dilarikan ke rumah sakit.


Shinzo Abe4

 Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat Kampanye, Jumat (8/7/2022) . (Tangkapan Layar Youtube NHK)

Sementara itu, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengungkapkan kalau dirinya tidak mengetahui kondisi Abe.

Akan tetapi, Matsuno sempat menerangkan kalau Abe tertembak pada sekitar pukul 11.30 waktu setempat atau pukul 09.30 WIB.

"Aksi barbar itu tidak bisa diterima," kata Matsuno saat konferensi pers.

Lebih lanjut, NHK, penyiar publik Jepang, menyebutkan bahwa sejumlah tembakan terdengar dan kepulan asap putih terlihat ketika Abe sedang menyampaikan pidato di luar sebuah stasiun kereta api di kota kawasan barat.

Seorang wartawan NHK melaporkan dari lokasi kejadian bahwa mereka mendengar dua tembakan berturut-turut saat Abe berpidato.

Abe menjabat perdana menteri selama dua periode dan menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpanjang. Ia mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada 2020 karena kondisi kesehatan dikutip dari suara.com