Hartanya Disebut Rp 74 Triliun, Kim Jong-un Kepala Negara Terkaya di Dunia

Kim-Jong-Un3.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, PYONGYANG-Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un disebut  salah satu presiden terkaya di dunia. Namun, beberapa waktu lalu warganet Indonesia dibuat geger.

Pasalnya, seorang warga yang mirip dengan sosok Kim Jong Un terlihat menyumbang lagu di kondangan. Video yang diunggah oleh akun TikTok @ikamusst tersebut memperlihatkan Kim Jong Un palsu tengah memegang mic sambil berjoget sesekali.

Sekilah wajah, gaya rambut, hingga cara berpakaiannya mirip dengan lelaki yang dijuluki diktaktor muda tersebut. Lelaki tersebur juga memiliki bentuk tubuh yang sama dengan Kim Jong Un.

Melansir Fox Business, kekayaan Kim Jong Un ditaksir mencapai 5 miliar dolar atau sekitar Rp74 triliun. Tidak banyak yang tahu darimana kekayaan itu berasal lantaran Kim Jong Un tak pernah dikabarkan memiliki bisnis.


Kabar miring pun berembus dan menuduh kekayaan Presiden Kim disokong oleh uang negara dari Korea Utara melalui operasi ilegal seperti transaksi narkoba dan penjualan senjata. Kekayaan itu bahkan dikabarkan tersebar di lebih dari 200 bank di seluruh dunia.

Investigasi yang dilakukan Chosun Ilbo dari AS dan Korea Selatan pada 2013 menyimpulkan 200 rekening bank Korea Utara yang menyimpan harta Kim Jong Un terhubung dengan ekspor obat, uang palsu, dan senjata pemusnah massal.

Dari uang tersebut, Presiden Kim dikabarkan bisa menikmati hidup dalam kemewahan. Dia memiliki kapal pesiar seharga 5 juta poundsterling, armada limusin Mercedes anti peluru, dan bahkan seluruh resor ski Masikryong yang berada di Puncak Taehwa dengan ketinggian 1.360 meter.

Diperkirakan, sekitar 5.000 wisatawan mengunjungi 120 kamar hotel resor ini yang menjadi sumber pendapatan sang presiden.

Kim Jong Un juga membuka bisnis properti Hotel Ryugyong. Hotel dengan 105 lantai ini menjadi destinasi wisata yang unik dan mewah di Korea Utara dikutip dari suara.com

Kim Jong Un telah memegang jabatan sejak 2011, mewarisi jabatan dari ayahnya Kim Jong Il yang meninggal dunia. Dia juga adalah cucu dari Kim Il-Sung, yang merupakan pendiri dan pemimpin tertinggi pertama Korea Utara dari awal tahun 1948 hingga kematiannya pada tahun 1994.