Berbalik Unggul, Bucks Sikat Suns di Gim Kelima, Juara di Kandang Sendiri?

Giannis-Antetokounmpo3.jpg
(Twitter @Bucks)

RIAU ONLINE, WASHINGTON-Milwaukee Bucks kembali menang di gim 5, Sabtu, 17 Juli 2021, waktu setempat. Sempat tertinggal 16 poin di kuarter pertama, Bucks tampil menggila dan balik unggul 14 poin memasuki kuarter empat dengan skor akhir 123-119.

Phoenix Suns berupaya mengejar ketinggalan mereka hingga detik akhir tapi tak berhasil. Bucks kini unggul (3-2).

Berjarak hanya satu poin dengan bola di tangan Devin Booker, Jrue Holiday berhasil merebut bola, memimpin fastbreak, dan melempar alley-oop ke Giannis Antetokounmpo. Jarak kembali ke tiga poin dengan sisa 13 detik.

Satu tembakan gratis Giannis gagal, namun bola rebound berhasil di tepis keluar oleh Giannis dan berujung di tangan Khris Middleton. Suns tak pikir panjang untuk melakukan foul dan menghentikan waktu di sembilan detik. Middleton hanya mampu memasukkan satu tembakan, namun jarak tersebut sudah cukup untuk mengamankan jarak karena Suns hanya punya sisa satu timeout. Sayangnya, timeout tersebut pun tak dieksekusi dengan baik.


Giannis memimpin top skor Bucks dengan 32 poin, 9 rebound, dan 6 asis. Giannis menembak 61 persen (14/23). Middleton menyusul dengan 29 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Holiday tampil luar biasa dengan dobel-dobel 27 poin, 4 rebound, 13 asis, plus 3 steal. Holiday juga memasukkan 12/20 tembakan (60 persen). Pat Connaughton memberi bantuan besar dari bangku cadangan dengan 14 poin dan 6 rebound.

Top skor gim sendiri adalah Devin Booker dengan 40 poin dari 17/33 tembakan (51 persen). Chris Paul mengikuti dengan dobel-dobel, 21 poin dan 11 asis. Deandre Ayton juga dobel-dobel 20 poin dan 10 rebound. Mikal Bridges dan Jae Crowder masing-masing menyumbang 13 dan 10 poin.

Untuk Booker, ini adalah 40+ poin keduanya secara beruntun. Ia jadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak 40+ poin di dua gim final secara beruntun dan kalah. Ini juga jadi kekalahan pertama Suns di playoff di mana mereka sempat unggul dua digit poin.Sebelumnya, dalam 13 gim di mana Suns unggul dua digit poin, mereka selalu menjadi pemenang dikutip dari mainbasket.com

Suns juga jadi tim pertama yang kalah meski akurasi tripoin mencapai 60+ persen dan akurasi keseluruhan 55+ persen. Suns menembak 13/19 dari tripoin (68 persen) dan 48/87 secara keseluruhan (55 persen).

Bucks berjarak satu kemenangan lagi untuk gelar juara dan gim 6 akan digelar di kandang mereka sendiri, tiga hari yang menggunakan format best of seven ini.