Kodok Sebesar Bayi Ditemukan di Pinggiran Hutan, Berakhir di Meja Makan

Kodok-berukuran-jumbo.jpg
((Foto: Batamnews/ABC News))

RIAU ONLINE, HONIARA-Kodok jadi salah satu hewan yang biasa ditemui di dalam negeri. Ukurannya bermacam-macam, namun rata-rata di Indonesia tidak ada yang berukuran raksasa.

Belum lama ini, seorang tukang kayu Jimmy Hugo (35) menemukan kodok berukuran jumbo. Bahkan, ABC News yang dilansir dari Batamnews (jaringan Suara.com) menyebut, kodok itu berukuran bayi manusia.

Binatang itu ditemukan saat Jimmy Hugo sedang berburu babi hutan di pinggiran Honiara.

Berat kaki dari binatang itu sendiri diperkirakan mencapai 1 kilogram. Sementara, dari foto yang diperlihatkan oleh pengunggah dapat diduga kodok itu adalah spesies Cornufer guppyi.

Dari foto yang beredar, nampak kodok itu menutupi separuh tubuh seorang anak dari kepala hingga kaki. Penduduk desa Jimmy Hugo mengatakan itu adalah katak terbesar yang pernah dilihatnya.


Kodok jadi salah satu kuliner favorit warga di Kepulauan Solomon dan Papua Nugini. Kodok jenis ini dikenal sebagai sebutan 'ayam semak' karena beberapa desa tampaknya lebih menyukainya daripada ayam.

"Ayam semak" secara tradisional diburu untuk diambil dagingnya dan dijual oleh penduduk setempat dikutip dari Suara.com

Sayangnya, tidak ada akhir yang bahagia untuk kodok raksasa tersebut.

Meskipun matanya terbuka dalam video, namun katak itu sudah mati pada saat ditangkap. Warga lantas memutuskan untuk menyantapnya bersama-sama.