Banyak di Wonosobo, Domba Ini Dihargai Rp 7,1 Miliar, Apa Kelebihannya?

Domba-Texel.jpg
(Catherine Macgregor/SWNS)

RIAU ONLINE, EDINBURGH-Double Diamond seekor domba Texel jadi domba sementara yang paling mahal di dunia.

Double Diamond dihargai sekitar Rp 7,1 miliar selama pelelangan di Glasgow, Skotlandia. Hal istimewa apa yang ada di domba ini? 

Domba berusia enam bulan ini memecahkan rekor dunia baru pada Kamis 27 Agustus 2020 setelah laku terjual seharga 367.500 Poundsterling atau Rp 7,1 Miliar.

Domba bernama Double Diamond tersebut berjenis Texel dan menjadi domba paling mahal dibanding jenis lainnya. Dia juga paling banyak dicari saat ini. 

Hewan ini berasal dari Pulau Texel, Belanda, sehingga ia dinamakan domba texel.

Ciri khas domba texel memiliki bulu wool halus berbentuk spiral dan berwarna putih menyelimuti tubuhnya kecuali di bagian perut, keempat kaki dan kepala. Postur tubuhnya besar dan memanjang, lalu leher yang juga panjang, dan ekor kecil. 

Double Diamond dijual oleh peternak Charlie Boden di pelelangan. Lelang ini dibuka dengan harga sekitar 10 ribu Poundsterling, dan dengan cepat meningkat, lalu jadi perang tawar-menawar harga antara beberapa pihak. 

Ini Domba Termahal di Dunia Seharga Rp 7,1 Miliar

Ini Domba Termahal di Dunia Seharga Rp 7,1 Miliar (1)
Domba texel memiliki bulu wool halus berbentuk spiral dan berwarna putih menyelimuti tubuhnya kecuali di bagian perut, keempat kaki, dan kepala. Foto: Catherine Macgregor/SWNS

Akhirnya, pelelangan domba Double Diamond dimenangkan oleh tiga peternak gabungan dengan harga 367.500 Poundsterling dan melampaui rekor sebelumnya yang hanya lebih dari 230.000 Poundsterling (Rp 4,5 miliar) pada tahun 2009. Harga terbaru ini setara dengan harga mobil Ferrari 88 Pista di Indonesia. 

Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak tersebut mengatakan, telah mengincar Double Diamond selama beberapa minggu sebelum penjualan dimulai.

Menurutnya, domba tersebut sangat berotot, dan sempurna secara genetik. 

“Sesekali ada sesuatu yang istimewa datang dan kemarin seekor texel istimewa muncul. Semua orang menginginkannya,” kata Aiken, dikutip The Guardian. 

Sebelumnya, Aiken juga pernah membayar 105 ribu Pundsterling (Rp 2 miliar) untuk seekor texel jantan bernama Sportsman Batman. Aiken merasa uang yang diberikan untuk seekor domba texel bukanlah hal yang sia-sia. 

"Jangan salah paham, itu adalah jumlah uang yang tidak sia-sia untuk membayar seekor domba," jelasnya. 

Setelah berhasil membeli Double Diamond, Aiken dan dua mitranya akan berbagi kepemilikan domba texel tersebut. Seiring bertambahnya usia, spermanya akan dikumpulkan untuk digunakan inseminasi buatan. 
Domba texel di Indonesia

Rupanya, jenis domba termahal di dunia ini juga ada di Indonesia. Berdasarkan situs Kementerian Pertanian (Kementan), Indonesia pernah mendatangkan domba texel pada 1954 yang berasal dari Belanda sebanyak 500 ekor, yang terdiri 100 ekor jantan dan 400 ekor betina. 

Dari jumlah itu, lalu disebar ke 4 daerah antara lain Baturaden, Karang Anyar (Jawa Tengah), Cikole (Jawa Barat), dan Rembang (Jawa Timur).

Setiap daerah mendapatkan 100 betina dan 25 jantan. 

Domba texel kini dapat ditemui di daerah dataran tinggi Dieng (Wonosobo & Banjarnegara).

Domba texel umumnya memiliki ukuran yang yang lebih besar jika dibandingkan dengan domba lokal. Hewan ini memiliki keunggulan dalam produksi daging dan bulu wol.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com