Gegara Covid-19, Penayangan Perdana "Mulan" Diundur Lagi hingga 21 Agustus

Mulan2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, CALIFORNIA-Penayangan perdana  film live-action "Mulan" kembali diundur. Setelah sebelumnya dijadwalkan tayang pada 24 Juli kini kembali mundur menjadi 21 Agustus.

Walt Disney Co memutuskan menunda peluncuran tersebut karena pandemo corona.

Alan Horn dan Alan Bergman, pemimpin Walt Disney Studios, mengatakan dalam pernyataan, "Meskipun pandemi telah mengubah rencana peluncuran 'Mulan' dan kami akan tetap fleksibel menyesuaikan dengan kondisi, namun tidak mengubah keyakinan kami akan kekuatan dari film ini serta pesan akan harapan dan keteguhan," katanya, umat 26 Juni 2020.

"Mulan" adalah film berbiaya $200 juta yang dibuat berdasarkan film klasik animasi Disney. Film itu dibintangi oleh Yifei Liu.

Para pemilik bioskop tadinya berharap "Mulan" dan film "Tenet" yang disutradarai Christopher Nolan akan bisa menarik penonton pada Juli. Kedua film itu kini ditunda ke Agustus. "Tenet" yang diproduksi Warner Bros kini dijadwalkan akan ditayangkan pada 12 Agustus.

Bisnis teater di AS terdampak virus corona sejak pertengahan Maret. Puluhan ribu karyawan di-PHK. Pemilik bisnis terpaksa meminjam dana talangan untuk bertahan.

Sekitar 780 bioskop dalam ruangan kini buka di AS, menurut perusahaan riset Comscore.

Industri itu mengharapkan pembukaan massal pada Juli, ketika jaringan AMC Entertainment, Cinemark dan Regal Cinemas dijadwalkan kembali beroperasi. Semuanya merencanakan upaya keamanan yang lebih ketat termasuk membatasi pengunjung, melakukan pembersihan lebih sering dan mewajibkan penggunaan masker bagi pengunjung dan staf.

Namun para pejabat di Los Angeles dan New York, dua pasar film terbesar di AS, belum menetapkan tanggal kapan bioskop bisa dibuka kembali. Artikel ini sudah terbit di VOA Indonesia