Kucing Aja Bisa Jaga Jarak Lho saat Pandemi Covid-19, Kita Bagaimana?

Kucing2.jpg
((The Philippine Star))

RIAU ONLINE, MANILA-Foto kucing-kucing liar tengah berada di depan sebuah toko di kota Quezon, Filipina bikin netizen heboh. Pasalnya kucing-kucing ini seakan mengerti pentingya jaga jarak di tengah pandemi corona, nah lho.. 

Pasalnya, kucing-kucing tersebut tertib antre dengan duduk di lingkaran-lingkaran penanda yang sebenarnya dibuat untuk manusia. Lingkaran-lingkaran penanda itu dibuat agar para pengujung toko tak saling berdekatan alias social distancing. Alhasil, kucing-kucing dalam foto terlihat seakan-akan ikut menerapkan social distancing.

Foto-foto yang diambil akhir pekan lalu itu akhirnya menyebar di internet ketika surat kabar The Philippine Star membagikannya. Namun di balik tingkah laku kucing yang taat aturan tersebut, muncul tanda tanya: Mengapa bisa demikian? Apakah suatu ketidaksengajaan atau memang ada alasan khusus bagi kucing untuk mempati lingkaran-lingkaran itu?

Berdasarkan ahli perilaku kucing di The Cat Behavior Clinic, Mieshelle Nagelschneider, perilaku aneh itu ternyata merupakan bagian dari naluri bertahan hidup kucing. Ia menjelaskan bahwa kucing secara alami tertarik dengan ruang tertutup karena menawarkan perlindungan dan juga memberi keunggulan dalam berburu.

"Di alam bebas, kucing akan bersembunyi di pohon untuk menghindari pemangsa. Namun bersembunyi juga menjadi bagian mereka sebelum menyergap mangsa," ungkap Nagelschneider. Baca juga: FDA Minta Anjing dan Kucing Terapkan Social Distancing, Ini Alasannya Lebih lanjut, menurut Nagelschneider, obsesi kucing terhadap lingkaran tak berhenti pada bentuk yang riil saja. Bahkan ketika lingkaran itu digambar di tanah, kucing juga akan menyukainya.

"Menempatkan diri dalam lingkaran akan memberi kucing rasa aman dan kesempatan semakin besar untuk bertahan hidup, setidaknya dalam pikiran mereka," papar Nagelschneider. Sementara itu, soal kucing yang seakan-akan patuh melaksanakan peraturan jaga jarak dengan duduk saling berjauhan juga bukan merupakan suatu kebetulan. Kucing memang lebih suka untuk menjaga jarak dengan sesamanya, apalagi jika mereka memang saling bermusuhan.

Artikel ini sudah terbit di Kompas.com