Pelajar di Vietnam Sudah Kembali Sekolah, Indonesia Kapan Ya?

Vietnam.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, HANOI-Vietnam telah kembali membuka sekolah-sekolah di seluruh penjuru negerinya sejak Senin 4 Mei 2020. Sebelumnya Vietnma telah menutup sekolah selama tiga bulan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Dilansir dari Northeast, meskipun bisa masuk kelas dan belajar seperti biasa, anak-anak sekolah tetap diharuskan mengenakan masker untuk menghindari wabah. Pihak berwenang Vietnam mengatakan bahwa penting untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan. Pihak otoritas juga menempatkan pembersih tangan di sekolah.

"Para siswa dicek suhunya terlebih dahulu di gerbang sekolah," kata otoritas Vietnam.

Pemerintah Vietnam memutuskan untuk membuka kembali sekolah-sekolah setelah negara tersebut dinyatakan bebas dari kasus baru selama tiga pekan. Vietnam mencatat ada 271 kasus yang dikonfirmasi di mana tidak ada kasus kematian.


Pemerintah Vietnam menyatakan penutupan semua lembaga pendidikan dilakukan pada awal Februari ketika infeksi pertama Covid-19 dilaporkan di negara itu. Semua kegiatan pengajaran dipindahkan secara online.


Negara itu bulan April memberlakukan pembatasan perjalanan dan menutup bisnis selama tiga minggu untuk mencegah penyebaran virus corona.

 

Siswa-siswi di Vietnam kembali masuk sekolah setelah 3 bulan lockdown.[AFP/Manan VATSYAYANA]

Siswa-siswi di Vietnam kembali masuk sekolah setelah 3 bulan lockdown.[AFP/Manan VATSYAYANA]

Vietnam menjadi negara Asia yang cukup berhasil dalam mengendalikan persebaran virus corona.

Dilansir dari The Telegraph, respons cepat yang dilakukan Vietnam dalam menangani virus menjadi salah satu kunci. Strategi Vietnam berfokus pada target, pelacakan kontak yang ketat dan pengujian pada kelompok kecil Covid-19 sebelum menyebar.

Sejak awal kasus pertama ditemukan pada Januari, Hanoi sudah bergerak. Pada bulan Februari, dilakukan karantina pada lebih dari 10.000 warga di Komune Son Loi di provinsi utara Vinh Phuc setelah terinfeksi dalam jumlah kecil.

Juga diberlakukan karantina 14 hari bagi siapa pun yang tiba di Vietnam dari negara-negara berisiko tinggi. Semua sekolah dan universitas juga sudah diliburkan sejak awal Februari dan mulai buka Senin, 4 Mei 2020. Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->