Si Raja Tega, Kim Jong-un Dikabarkan Meninggal Dunia

Kim-Jong-un.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, PYONGYANG-Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara yant dikenal dengan julukan si raja teha diisukan meninggal dunia. Mengutip New York Post (NYP), kabar tersebut dihembuskan oleh salah satu media di Hong Kong. Sementara, Majalah Shuken Gendai dari Jepang melaporkan bahwa Kim koma setelah jalani operasi jantung awal bulan ini. 

Masih diwartakan NYP, Direktur HKSTV Hong Kong Satellite Television, sebuah jaringan siaran yang didukung Beijing di Hong Kong mengklaim bahwa Kim telah meninggal. Media itu menyebut informasi didapatkan dari sumber yang sangat akurat. Kabar tersebut beredar luas di aplikasi daring China, Weibo.


Laporan lain menyebutkan bahwa operasi cardiac stent yang dijalani oleh Kim tak berjalan mulus. Dokter yang menangani gugup dan tangannya bergetar parah saat memasukkan stent atau ring ke pembulu darah jantung Kim. Meski begitu kabar tersebut belum terkonfirmasi. 

 

Kim Jong Un



Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) menghadiri upacara peletakan batu pertama untuk Rumah Sakit Umum Pyongyang yang baru. Foto: KCNA/reuters


Sebelumnya, dikutip Reuters, Sabtu (25/4), Pemerintah China telah mengirimkan tim medis untuk memeriksa kondisi kesehatan Kim. Sayangnya salah seorang sumber di China menolak memberikan banyak komentar terkait hal tersebut. Mengingat masalah ini cukup sensitif.


Sebelumnya Kim dilaporkan mengidap kardiovaskular dan diduga sempat menjalani perawatan medis di sebuah vila di Kabupaten Hyangsan.

Dilansir CNN yang mengutip media Korea Selatan yang didirikan pembelot Korut, Daily NK, Kim dilaporkan menerima perawatan medis prosedur kardiovaskular sejak 12 April. Penyakit Kim disebut dipicu oleh merokok berlebih, obesitas, dan terlalu banyak bekerja.


Spekulasi mengenai kesehatan Kim mengemuka setelah ia terakhir muncul di media pemerintah Korut pada 11 April. Bahkan Kim tidak hadir saat perayaan kelahiran ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com