Jahat Sama Manusia tapi Covid-19 "Bikin" Sungai Jernih Lagi

Jeram-tinggi-Jementah.jpg
([Facebook/Nur Baitie])

RIAU ONLINE, KUALA LUMPUR-Dampak Virus Corona mememang bikin manusia kelimpungan, namun baik terhadao alam. Pasalnya manusia tidak banyak beraktivitas sehingga aliran sungai menjadi jernih. 

Kali ini tanda alam semakin baik terlihat di Malaysia. Dilansir dari Harian Metro, aliran air di sungai Jeram Tinggi Jementah, Segamat kembali jernih nan berkilau.

Penduduk Jementah yang berprofesi sebagai penoreh getah Abd Rahman Salim (73) mengaku terkejut melihat air di sungai itu menjadi jernih dan terlihat anak ikan yang berenang di celah bebatuan.

"Terakhir kali saya mengalami fenomena ini adalah sekitar tahun 1980-an. Ketika itu saya berani meminum air sungai itu secara langsung dan itu terakhir kali saya melakukannya," 

 

Efek Positif Wabah Corona, Air di Sungai ini Mendadak Jadi Jernih Kembali

Jeram tinggi Jementah [Facebook/Nur Baitie]

"Sebelum ini, terjadi pencemaran air oleh air deterjen yang digunakan oleh pengunjung. Bagian hulu sebelumnya memang digunakan untuk bumi perkemahan dan banyak digunakan untuk mencuci alat masak.

"Keadaan sungai yang kembali ke asal ini karena tak adanya aktivitas di sekitaran dan sepanjang aliran sungai akibat pandemi Covid-19," katanya.

Pria itu melanjutkan, beberapa waktu belakangan ini juga mendengar kembali suara hewan unggas dan cuitan pelbagai spesies burung.

Menurutnya, tak ada salahnya lokasi tersebut dibuka untuk umum, namun hendaknya kesadaran diri pengendalian yang lebih tegas harus dilaksanakan.


"Kami berharap tahap kebersihan dan keindahan lokasi wisata di Jementah ini dapat terus dipertahankan, bukan saja selama masa pemberlakukan pembatasan kegiatan seperti sekarang ini, tapi juga di masa yang akan datang," pungkasnya.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com