Sumut Keramat di Desa Montaldo Dipercaya jadi Penyebab Warga Bebas dari Covid-19

sumur-Covao-dos-Conchos.jpg
(@lauraahc/Instagram)

RIAU ONLINE, ROMA-Sebuah sumur keramat di Desa Montaldo Torinese, di Piedmont, Italia bagian utara dipercaya memiliki tuah sehingga warga di desa tersebut terbebas dari Covid-19.

Sumur tersebut juga dipercaya menyembuhkan tentara Napoleon Bonaparte dari penyakit pneumonia.

Desa itu terletak sekitar 19 km dari Turin, salah satu kota utama di Italia bagian utara yang per Minggu 29 Maret 2020 memiliki 3.658 kasus Covid-19.

Di desa dengan 720 penduduk itu memang ada sebuah sumur, yang dipercaya pernah menyembuhkan tentara Napoleon Bonaparte dari penyakit pneumonia saat mereka berkemah di desa itu pada Juni 1800, jelang pertempuran di Marengo.

"Menurut tradisi, para jenderal Napoleon menderita pneumonia. Tetapi berkat udara yang bersih dan murni, serta sumur ini, mereka sembuh," kata Sergio Gaiotti, pemimpin desa Montaldo Torinese.

"Ketika itu, air di sini mungkin benar menolong mereka. Tetapi hari ini, sumur tersebut sudah tutup dan airnya digunakan hanya untuk pengairan di ladang. Kami tak minum dari situ lagi," imbuh dia.

Montaldo Torinese memiliki banyak warga berusia lanjut, keluarga-keluarga muda, yang sebagian pergi ke setiap hari Turin untuk bekerja.

Menurut Gaiotti, alasan paling masuk akal mengapa desanya bebas dari virus Sars-Cov-2 adalah karena udara yang bersih serta gaya hidup yang lebih sehat.

Yang tak kalah penting adalah upaya pemerintah desa setempat yang terus memperingatkan warga akan bahaya Covid-19 dan menyediakan masker untuk semua keluarga di sana.

"Tak ada industri di sekitar sini. Sebagian besar warga di sini bekerja di bidang kerajinan," kata Gaiotti. [The Guardian]

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->