Sembuh, Aktor Daniel Dae Kim Rasakan Manfaat Klorokuin Dipesan Jokowi

Daniel-Dae-Kim.jpg
(Getty Images)

RIAU ONLINE, WASHINGTON - Presiden Jokowi telah memasan dua juta butir obat Avigan dan tiga juta obat Hydroxychloroquine atau klorokuin sebagai obat yang dipercaya dapat mengatasi infeksi yang diakibatkan Sars Coronavirus Tipe 2 penyebab sakit Covid-19.

Meski simpang siur kegunaan serta khasiat dua obat tersebut masih berlanjut di masyarakat, namun seorang aktor Amerika Serikat keturunan Korea Selatan, Daniel Dae Kim mengaku bahwa obat malaria hydroxychloroquine berhasil membuatnya sembuh.

Dilansir Suara.com dari New York Post, aktor serial Hawaii Five O tersebut memang menjadi salah satu publik figur AS yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Namun kini kondisinya telah jauh lebih membaik. "Ya ini adalah obat yang sempat dikatakan oleh Presiden (Trump) beberapa hari lalu," kata Kim dalam video yang ia unggah di akun Instagram pribadinya.

Sama Seperti Presiden Jokowi, Presiden Amerika Serikat--Donald Trump juga mengatakan bahwa AS akan meresepkan obat malaria hydroxychloroquine sebagai langkah penanganan pasien Covid-19.

Hanya saja, Kim mengatakan bahwa klaim kesembuhan berkat hydroxychloroquine atau klorokuin akan berbeda-beda setiap orang.

"Saya tidak akan mengatakan ini obatnya dan saya tidak akan bilang kalian, pergi dan gunakan obat ini, tapi apa yang akan saya katakan adalah saya percaya obat ini sangat krusial dalam pengobatan saya," kata aktor berusia 51 tahun tersebut.

Kim mengatakan, masa karantinanya harusnya berakhir Senin 23 Maret 2020 ini, hanya saja, demi rasa tenang, ia sangat ingin melakukan tes swab corona Covid-19 lagi untuk memastikan apakah masih ada virus corona di tubuhnya atau tidak.

"Tapi tidak ada cukup tes," kata Kim.

Ia melanjutkan, wabah Covid-19 telah menjadi hal serius di Amerika Serikat. Ia juga menyinggung bagaimana negara adidaya tersebut memiliki masalah pasokan medis seperti APD dan obat yang terbatas.

"Ini membingungkan, mengingat kita (warga AS) memiliki waktu beberapa bulan lebih banyak untuk mempersiapkan wabah ini," tambahnya.

Menutup video, Daniel Dae Kim mengatakan bahwa keluarganya tidak terlihat mengalami gejala Covid-19 dan hanya merasa bosan seperti kebanyakan warga AS lainnya yang sedang dalam masa isolasi mandiri.

 Artikel ini sudah terbit di Suara.com