Santuy, Pasien Main Biola saat Sedang Menjalani Operasi Otak

Pasien-memainkan-biola-saat-pengangkatan-tumor-di-otaknya-di-Kings-College-Hospital.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, LONDON-Kejadian unik terjadi di Rumah Sakit King's College Inggris. Seorang pasien asyik bermain biola saat sedang menjalani operasi tumor otak.

Ternyata dokter yang meminta perempuan bernama Dagmar Turner (53) itu bermain biola. Tujuannya agar dokter bisa mempertahankan keahlian Turner bermain biola, hobi yang sudah dijalani selama 40 tahun.

Perempuan asal Isle of Wight itu terus memainkan biola selama operasi pengangkatan tumor dari lobus frontal bagian kanan, dekat area pada otak yang mengontrol gerakan tangan kirinya.

Konsultan ahli bedah saraf Rumah Sakit King's College, Keyoumars Ashkan, menyusun prosedur operasi, dimulai dengan memetakan otak Turner, membuka tengkorak, kemudian meminta pasien memainkan biola saat tumor diangkat.


"Ini pertama kalinya saya menangani pasien memainkan alat musik saat operasi," kata Ashkan, dikutip dari Reuters, Rabu 19 februari 2020.

Tim dokter berhasil mengangkat lebih dari 90 persen tumor, termasuk yang paling agresif. Di saat bersamaan, kemampuan Turner dalam bermain biola tetap dipertahankan dengan membuat tangan kirinya tetap bisa berfungsi normal.

Perempuan mantan konsultan manajemen itu pun menyampaikan terima kasih kepada tim bedah.

"Biola merupakan hasrat saya. Saya sudah bermain sejak saya usia 10 tahun. Perkiraan saya akan kehilangan kemampuan bermain sangat memilukan," tuturnya.

Tak disebutkan musik apa yang dimainkan Turner saat operasi. Artikel ini sudah tebrit di iNews.id