Waduh, Usai Plesiran di Bali, Turis China Positif Corona

Bali.jpg
(forbes)

RIAU ONLINE, BEIJING-Setelah pulang dari plesiran di Bali warga China bernama Jin dinyatakan positif terkena virus corona oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Kota Huainan, Provinsi Anhui, pada Rabu 5 Febaruari 2020. Menurut akun resmi Pemerintah Provinsi Anhui di laman Weibo, Jin sebelumnya sempat berkunjung ke Bali akhir Januari lalu.

Berdasarkan keterangan di laman tersebut, Jin terbang ke Bali dari Wuhan menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT-2618 pada 22 Januari. Setelah sepekan, Jin lalu terbang ke Shanghai menggunakan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-858 pada 28 Januari.


Begitu sampai di Shanghai, Jin sempat menginap di hotel Bandara Pudong dan pergi ke Stasiun Selatan Nanjing keesokan harinya untuk menuju ke Huainan menggunakan kereta bernomor seri G1814 dan G2809. Delapan hari kemudian, Jin dinyatakan positif terjangkit virus corona oleh CDC Kota Huainan.
Ilustrasi virus corona China buatan AS, CDC


"Bagi penumpang di penerbangan atau kendaraan yang disebutkan di atas, mohon segera melakukan tindakan pencegahan. Tolong jangan keluar untuk sementara waktu dan jika merasa demam, segera pergi ke rumah sakit terdekat. Gunakan masker saat ke rumah sakit dan jangan gunakan transportasi umum," tulis pemerintah Provinsi Anhui dalam akun Weibonya, Rabu 12 Februari 2020.


Namun, belum ada kesimpulan dari pihak berwenang apakah Jin tertular virus Corona saat di Bali atau saat dia sudah berada di China. Hingga saat ini, Konsulat Jenderal China di Denpasar belum bisa dimintai keterangan.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com

-->