Dianggap Ikut Campur, Dubes Kanada Diusir dari Arab Saudi

Raja-dan-Pangeran-Saudi.jpg
(SUARA.COM/AFP)

RIAUONLINE - Karena dianggap terlalu mencampuri rumah tangga pemerintahan Arab Saudi. memberikan waktu 24 jam kepada Duta Besar Kanada meninggalkan Kerajaan.

Dikutip dari Viva.co.id, Selasa 7 Agustus 2018, Arab Saudi juga akan menunda hubungan perdagangan dan ivestasi baru dengan Kanada. Sikap ini setelah Kementerian Luar Negeri mendesak Riyadh membebaskan aktivis hak-hak sipil.

"Sikap itu disampaikan melalui sebuah pernyataan Kerajaan Arab Saudi sebagaimana disiarkan kantor berita Saudi Press Agency, Ahad 5 Agustus 2018," tulis Middle East Monitor.

"Kami juga memanggil Duta Besar Kanada untuk menyampaikan tindakan lebih lanjut," bunyi siaran pers Kementrian Luar Negeri Arab Saudi.

Dalam keterangannya kepada media, Kementerian Luar Negeri mengatakan, alasan pengusiran tersebut terkait dengan desakan Kementerian Luar Negeri Kanada agar Kerajaan segera membebaskan aktivis hak-hak sipil.


Hingga saat ini, pejabat di Kementerian Luar Negeri Kanada tak bersedia memberikan komentar mengenai keputusan Arab Saudi.

Pada Rabu pekan lalu, Human Rights Watch mengatakan, Arab Saudi telah menahan akvitis perempuan Samar Badawi dan Nassima al-Sadah. Keduanya aktivis yang terakhir ditahan aparat keamanan dalam aksi penindakan terhadap para ulama dan jurnalis.

"Lebih dari selusin aktivis hak perempuan telah ditahan Kerajaan sejak Mei 2018," Middle East Monitor melaporkan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id