Mengejutkan, Wartawan Ini Muncul Dalam Jumpa Pers Setelah Dikabarkan Tewas Ditembak

jurnalis-rusia.jpg
([AFP/Vasily Maximov])

RIAUONLINE - Setelah sempat dikabarkan tewas ditembak, secara mengejutkan wartawan senior Rusia Arkady Babchenko muncul dalam sebuah jumpa pers yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi di Ukraina.

Babchenko yang dikenal sebagai salah satu pengkritik Presiden Rusia, Vladimir Putin, tampil dalam tayangan televisi Rabu (30/5/2018). Dalam jumpa pers itu ia didampingi oleh Vasyl Hrytsak, kepala keamanan bidang antiteror Ukraina.

Dalam jumpa pers itu, Hrytsak mengatakan bahwa kematian Babchenko memang hanya sandiwara dan bertujuan untuk membongkar penyamaran agen-agen Rusia di Ukraina.

Sebelumnya Babchenko dikabarkan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit setelah ditembak dari belakang. Istri Babchenko kepada media mengatakan bahwa suaminya ditembak ketika baru saja meninggalkan apartemen mereka di Kiev.

Babchenko, seperti dilansir BBC, mengatakan ia memang tak memberi tahu istrinya soal sandiwara itu.

"Saya meminta maaf khusus kepada istri saya," kata dia.

Sebelumnya media-media dunia ramai-ramai memberitakan tewasnya Babchenko. Media-media Barat ramai-ramai menuding Rusia sebagai dalang di balik pembunuhan itu. Rusia sendiri sudah secara resmi membantah terlibat dalam pembunuhan Babchenko.

Belum diketahui apakah sandiwara itu benar-benar berhasil mengungkap agen-agen Rusia di Ukraina.


Berita ini terbit lebih awal di Suara.com, jejaring RIAUONLINE.COID dengan judul: Dikabarkan Tewas Ditembak, Wartawan Rusia Muncul di Jumpa Pers.