Saat K-Pop mendamaikan 2 Korea

Kim-Jong-Un-nonton-kpop.jpg
(Liputan.6.com/AFP Photo/KCNA)

RIAU ONLINE - Konser persahabatan yang dimeriahkan sejumlah artis K-Pop Korea Selatan, yang digelar di Pyongyang, Korea Utara (Korut), 1 April 2018. Pertunjukan bertajuk "Spring is Coming" itu juga disaksikan Presiden Korut Kim Jong-un dan sang istri Ri Sol-ju.

Kim Jong-un menjadi pemimpin Korut pertama yang menghadiri pertunjukan sekelompok artis di Korea Selatan (Korsel). Selain itu, adik perempuannya, Kim Yo-jong, disebut turut menghadiri konser tersebut.

Menteri Kebudayaan Korsel Do Jong-hwan mengatakan, ada ketertarikan yang ditunjukkan Kim Jong-un selama pertunjukkan berlangsung. Bahkan, beberapa kali Kim Jong-un bertanya soal lagu dan lirik yang dinyanyikan artis-artis Korsel itu.

Konser "Spring is Coming" digelar di tengah membaiknya hubungan antara 2 negara. Bahkan, kedua pemimpin negara, Kim Jong-un dan Moon Jae-in rencananya akan bertemu, 27 April 2018 mendatang, melansir Liputan6.com, Rabu, 4 Maret 2018.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) memberitakan, Kim Jong-un senang menyaksikan konser ini. Apalagi setelah melihat para penonton menyaksikan penampilan para musikus Korsel dengan antusias.

Bahkan dia menyebut, penampilan tersebut bisa membawa "musim semi dari perdamaian" atau awal mula datangnya perdamaian untuk dataran Korea. Dia juga menyampaikan harapan agar kunjungan para musikus Korsel ini bisa memperlihatkan persatuan sebagai sebuah bangsa.

Para pejabat tinggi kedua negara ini telah duduk bersama di Unification Pavilion, Panmunjom, 29 Maret 2018. Keduanya membahas persiapan pertemuan tingkat tinggi Kim Jong-un dan Moon Jae-in atau yang resmi dikenal dengan nama Inter-Korean Summit.

"Dialog dengan delegasi Korea Utara hari ini ditujukan sebagai fondasi untuk pertemuan antara pemimpin kedua negara," kata Pemimpin Delegasi Korea Selatan sekaligus Kepala Komite Reunifikasi Korea Pemerintah Korea Selatan Ri Son-gwon.

Jika terlaksana, pertemuan kedua kepala negara itu akan menjadi kali ketiga. Inter-Korean Summit antara Korea Utara dan Korea Selatan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2000, diikuti edisi kedua pada tahun 2007.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id