Dua Masjid di London Ini Jadi Warisan Kekayaan Muslim

Masjid-di-London.jpg
(VOAINDONESIA.COM)

RIAU ONLINE - Dua masjid di London diberi status khusus sebagai pengakuan atas pentingnya arsitektur kedua bangunan dan sejarahnya. Menteri Urusan Sejarah Inggris, Michael Ellis menyatakan kedua masjid tersebut menunjukkan "warisan kekayaaan masyarakat Muslim di Inggris."

Keduanya adalah Masjid Pusat London dan Pusat Kebudayaan Islam di Regent's Park, London tengah, dan Masjid Fazl yang berada di barat daya ibukota Inggris. Kedua bangunan itu terdaftar sebagai bangunan kelas II oleh Departemen Kebudayaan Inggris.

Sejauh ini, status khusus Kelas II hanya diberikan pada 5,8 persen dari bangunan dari sekitar 500 ribu bangunan terdaftar di Inggris. Status ini menandakan bahwa kedua bangunan itu sangat penting dan memberi mereka perlindungan yang lebih besar.

Dana untuk mendirikan masjid pusat London didapat tahun 1910, tetapi lokasi Regent's Park baru diperoleh tahun 1940an dan pekerjaan bangunan akhirnya selesai pada tahun 1977, melansir VOA Indonesia, Rabu, 14 Maret 2018.

Sementara, Masjid Fazl di daerah Southfields adalah markas besar komunitas Muslim Ahmadiyah dan gedung pertama untuk masjid di London ketika dibuka tahun 1926.


Meskipun terdapat sekitar 1.500 masjid di Inggris, kurang dari 20 persen memenuhi syarat sebagai bangunan yang didirikan khusus untuk mesjid, menurut klasifikasi Heritage England yang menyusun daftar tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id