Mantan Agen Ganda Rusia Kritis, Terpapar Zat Kimia

Sergei-Skripal.jpg
(Dokumen AP)

RIAU ONLINE, SALISBURY - Sergei Skripal (66), seorang mantan spionaze Rusia dalam kondisi kritis akibat terpapar zat kimia berbahaya di Kota Salisbury, Inggris.

Sebuah media Inggris yang dirilis VOA Indonesia, Selasa 6 Maret 2018 menyebutkan Skripal ditemukan bersama seorang wanita berusia 30 tahunan dalam kondisi tak sadarkan diri. Keduanya saat itu tengah duduk di sebuah bangku di pusat perbelanjaan pada Minggu, 4 Maret 2019 siang, waktu setempat.

Pejabat mengatakan keduanya sedang dalam perawatan intensif karena diduga terpapar zat yang tidak diketahui.

Saat mendapat pertolongan, diidentifikasi bahwa pria itu sebagai Sergei Skripal yang diberi perlindungan di Inggris setelah melakukan pertukaran mata-mata antara Amerika dan Rusia pada tahun 2010.


Skripal dihukum di Rusia karena memata-matai untuk badan intelijen MI6 Inggris dan dijatuhi hukuman tahun 2006 atas tuduhan melakukan spionase. Dia diampuni pada 2010 sebagai bagian dari pertukaran mata-mata tahanan AS-Rusia.

Hubungan antara Inggris dan Rusia tegang sejak mantan agen KGB, Alexander Litvinenko diracuni di London pada tahun 2006. Sebuah penyelidikan Inggris menyimpulkan, Litvinenko mungkin dibunuh atas perintah Presiden Rusia Vladimir Putin. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id