Menuntut Pemilu Lebih Adil dan Bersih 400 Pendemo Ditahan

Demo-AS.jpg
(© Mark Wilson / AFP)

RIAU ONLINE - Sebanyak 400 orang ditahan pihak kepolisisan Washington DC usai melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Capitol Hill. Para pengunjuk rasa menuntut pemilu yang adil dan politik yang bersih dari uang korporasi besar.

 

Unjuk rasa yang diprakarsai oleh kelompok yang menamakan diri sebagai Democracy Spring itu menyeru agar Kongres segera mengambil tindakan terhadap empat solusi kunci yang semuanya bertujuan untuk mengurangi pengaruh uang dalam politik, memperluas dan melindungi hak suara, dan memastikan semua orang AS memiliki suara yagn sama dalam pemerintahan AS.

 

Selain itu, kelompok tersebut juga menuntut agar Senat memenuhi tugas konstitusionalnya yang berhubungan dengan Mahkamah Agung.

 

"Orang-orang sudah muakdengan sistem, mereka sudah muak dengan korupsi, dan kami ingin pemilu yang bebas dan adil. Ini adalah inti dari hak kami sebagai warga AS," kata seorang peserta unjuk rasa yang juga pembawa acara televisi, Cenk Uygur, seperti diberitakan Russia Today, Selasa (12/4/2016).

 

Akibatnya, Uygur dan aktivis terkemuka lainnya, termasuk pensiunan Kapten Polisi Ray Lewis ditangkap dan ditahan pihak kepolisian setempat. Meskipun jumlah demonstran sangat besar, namun media mainstream tidak terlihat hadir di lokasi demonstrasi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline