Walah! Tengkorak Manusia Pun Diseludupkan

Penyeludupan-tengkorak.jpg
(Kompas)

RIAU ONLINE -Tengkorak manusia berhasil diamankan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dari luar negeri ke Indonesia dan sebaliknya. Bersamaan dengan itu, Dirjen Bea Cukai juga berhasil mengamankan gading gajah dan cula badak.

 


Menurut Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, Selasa (16/2/2016), empat tengkorak manusia itu dikirim dari Bali ke Amerika dan Australia. Sampai saat ini, pihaknya belum bisa mentraksir berapa nilai tengkorak tersebut. Namun, umur tengkorak diperkirakan mencapai 50 tahun lebih.

 


Sementara itu, gading gajah dari Abu Dhabi diselundupkan ke Indonesia sebanyak lima koli. Kategorinya impor, senilai Rp 3.270.000.000. "Ada lagi gading gajah dan cula badak dari Zambia, jumlahnya ratusan, nilainya juga ratusan juta rupiah," katanya.

 


Adapun barang selundupan dari Zambia ke Indonesia tersebut berupa 163 gading gajah dan dua cula badak yang total nilainya Rp 600 juta.

 


Semua barang terlarang itu disita Ditjen Bea dan Cukai dalam kurun waktu akhir tahun 2015 hingga awal tahun 2016. Modus penyelundupan yang dilakukan adalah disamarkan menjadi barang bawaan penumpang melalui terminal kedatangan internasional, melalui Kantor Tukar Pos Udara, serta pengiriman melalui gudang ekspor.