Sirkuit di Valencia Jadi Sirkuit Tersempit dan Menantang di Musim Ini

 

RIAU ONLINE, VALENCIA – Sirkuit Ricardo Tormo, tempat berlangsungnya final MotoGP 2015 terletak di Kota Valencia dan salah satu sirkuit yang cukup menantang dan membutuhkan teknik tinggi dalam balapan. Sirkuit ini mengusung konsep sirkuit modern dengan memaksimalkan pengalaman penonton. Dimana hampir semua bagian trek dapat terlihat dari tribun manapun.

 

Sirkuit Ricardo Tormo memiliki panjang trek sekitar 4.005 km dengan trek lurus sepanjang 876 m, sehingga terkategori dalam sirkuit kecil. Tak mengherankan jika dalam balapan di MotoGP Valencia nanti para pembalap akan melahap sebanyak 30 putaran. Artinya para pembalap akan menempuh jarak sekitar 120 km sepanjang balapan.

 

Selain memiliki trenk yang tidak terlalu panjang, Sirkuit Ricardo Tormo juga tercatat sebagai salah satu sirkuit tersempit dalam gelaran MotoGP musim ini. Sirkuit ini hanya memiliki lebar 12 meter. Jumlah tikungan yang dimiliki adalah 14, dengan rincian 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. (KLIK JUGA: Jelang Laga di Valencia, Rossi Santai dan Merasa Sukacita)

 

Sisi unik dari Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia ini adalah sirkuit ini menjadi salah satu sirkuit yang menggelar balapan dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam. Dari total 18 seri MotoGP musim ini, tercatat hanya ada 6 sirkuit yang menggelar balapan dengan arah berlawanan arah jarum jam, dan Sirkuit Ricardo Tormo menjadi salah satunya.

 

Dengen spesifikasi sirkuit Ricardo Tormo yang seperti ini, siapakah nantinya yang bakal tampil lebih baik? Apakah Jorge Lorenzo akan berjaya di negaranya sendiri, ataukah justru Valentino Rossi yang akan mengibarkan bendera kemenangannya di tanah Spanyol? Mari kita nantikan bersama race MotoGP Valencia sore ini. (BACA JUGA: Rossi - Lorenzo Masih Satu Tim di MotoGP 2016, Ini Daftar Kotestannya

 

Sirkuit Valencia bakal menjadi saksi bisu dari akhir persaingan sengit duo pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo musim ini. Kedua rider Yamaha ini masih sama-sama berpeluang untuk mengakiri MotoGP musim 2015 dengan gelar juara dunia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline