Rossi Sangat Sulit Taklukan Sirkuit Valencia

Valentino-Rossi_Pebalap-Movistar-Yamaha.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINESepanjang karirnya sebagai pebalap, Valentino Rossi, sangat sulit naik podium di seri terakhir MotoGP tahun 2015 ini, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Balapan ini akan berlangsung, Minggu (3/11/2015) mendatang. 

 

Kondisi ini semakin diperparah dengan hukuman penalti 3 poin yang mengharus Rossi harus star dari grid paling buncit. Saat ini Rossi memang masih berada di urutan pertama klasemen sementara dengan koleksi 312 poin. Sedangkan, Lorenzo ada di urutan kedua dengan 305 poin selisih tujuh poin. (Baca Juga: Inilah Misi Khusus Rossi di Valencia

 

Sirkuit Ricardo Tormo merupakan sirkuit mungkin tidak disukai Rossi. Terakhir kali The Doctor mampu menjadi pemenang di sirkuit sepanjang 4,0 km tersebut pada musim balap 2004.

 

Saat itu, Rossi bersama tim Gauloises Yamaha berhasil mengalahkan Max Biaggi yang ada di urutan keduia dan Troy Bayliss di posisi ketiga. Namun, sejak saat itu pebalap dengan nomor 46 itu tidak pernah lagi menang di Valencia.

 


Prestasi terbaiknya hanya finis di urutan kedua. Bahkan, dikutip dari sportsatu.com, Rossi pernah memiliki kenangan buruk di Valencia pada musim 2006. Ketika itu, ia tengah bersaing meraih juara dunia dengan Nicky Hayden. (Klik Juga: Ianonne Bersumpah Mati-matian Bela Rossi

 

Dengan keunggulan delapan poin di klasemen sementara dari Hayden, posisi kedua. Namun, kejadian tak terduga menimpa Rossi saat balapan memasuki lap kelima, pebalap berusia 36 tahun tersebut terjatuh dari motornya.

 

Rossi memang masih bisa melanjutkan balapan dan akhirnya finis di urutan ke-13 di akhir lomba. Namun, pesta juara sebelumnya sudah disiapkan oleh Rossi harus sirna karena Hayden mampu finis di tempat ketiga dan menjadi juara dunia.

 

Hayden akhirnya mengakhiri musim 2006 dengan 252 poin dan unggul lima poin dari Rossi. sebuah hal yang tentunya tidak diduga sebelumnya. (Lihat Juga: Lawan Rossi Ini Sebut The Doctor bukan Orang Munafik

 

Kini, kejadian serupa harus terulang kembali setelah 11 tahun berlalu, namun bedanya yang sekarang lebih sulit karena Rossi harus start dari urutan terakhir. Bagaimana nasib Rossi pada balapan pamungkas musim ini, patut ditunggu pada akhir pekan ini.

 

Simak berita MotoGp lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline