Butuh 150 Orang Buat Kiswah Kabah

Haji-Plus.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Sebanyak 150 orang lebih penjahit di Arab Saudi berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan hampir 120 kilogram benang emas untuk sepotong kain sutera raksasa yang dikenal dengan 'kiswah'. Kiswah digunakan untuk ibadah haji tahun ini.

 

Dikutip dari VIVA.co.id, Senin, 7 September 2015, Kiswah diperkirakan akan memiliki panjang sekitar 45 meter dan tinggi 14 meter bertuliskan "LAA ILAAHA ILLALLAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH (Tidak ada Tuhan selain Allah, Muhammad (SAW) adalah utusan Allah)" berlapiskan emas dan perak.

 

“Kiswah ini terbuat lebih dari 700 kilogram benang sutra, 120 kilogram benang emas dan 25 kilogram benang perak,” ujar Direktur Pabrik Kiswah di barat kota Makkah, Mohammed bin Abdullah.

 

(BACA JUGA: Ini Cerita Jamaah Haji Asal Pekanbaru di Madinah

 

Seperti dikutip dari laman Al Riyadh dan Koran Saudi lainnya, Abdullah mengutarakan pembuatan selimut kabah tersebut akan menghabiskan waktu beberapa minggu dan biasanya akan rampung menjelang ibadah haji.

 

Akan tetapi, ia tidak mengatakan berapa biaya yang dihabiskan dalam pembuatan kiswah baru ini. Dari informasi pejabat berwenang Saudi, pembuatan kiswah pada tahun lalu mengahabiskan biaya sekitar SR17 juta atau setara dengan Rp. 64 miliar.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline