Siswa SMAN 7 Pekanbaru Antusias Belajar Literasi Media Ditaja Diskominfotik Riau dan RIAU ONLINE

ROL-SMAN7-4.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan peserta didik di SMAN 7 Pekanbaru semangat mengikuti workshop jurnalistik, Jumat 19 Mei 2023. Para siswa dan siswi menyimak pemaparan oleh beberapa pemateri yang hadir di aula terbuka SMAN berakreditasi A tersebut.

Workshop jurnalistik kali ini mengangkat tema "Literasi Media". Dalam penyelenggaraannya Riau Online bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Riau melalui Diskominfotik Provinsi Riau.

Pada kesempatan tersebut, ada empat pemateri menyampaikan pemaparan berbeda. Pemateri pertama ada Hendra K.R Lase, ST yang merupakan pranata komputer ahli pertama bidang aplikasi dan informatika Diskominfotik Provinsi Riau.

 ROL SMAN7-4Foto: Dok. Diskominfotik Riau

Hendra memaparkan materi terkait Coding Skill, potensi dan prospek dalam menjawab kebutuhan era industri 4.0 menuju transisi 5.0.

Menurutnya, untuk menjadi programmer, hal teknis mesti dikuasai yakni, dasar-dasar algoritma, membaca dokumentasi, Bahasa Inggris, membaca source code, dan debugging.

ROL SMAN7-7Foto: Dok. Diskominfotik Riau

"Indonesia akan kekurangan 9 juta developer pada tahun 2030. Belum lagi, tingkat penggunaan dan ketergantungan terus meningkat pada beragam jenis platform digital menjadi target market pelaku usaha," jelasnya.

Pemateri kedua yakni reporter RIAU ONLINE, Laras Olivia, memaparkan tema seputar jurnalisme. Tak hanya beri pengertian dasar soal berita dan kerja-kerja jurnalistik, ia juga mengajak peserta menulis straight news suatu peristiwa kebakaran.


 ROL SMAN7-6Foto: Dok. Diskominfotik Riau

Para peserta semakin antusias dan ingin tahu lebih jauh tentang kerja-kerja jurnalistik. Materi juga semakin lengkap dengan pemaparan terkait bijak bermedia oleh Antoni Suryadinata dari Diskominfotik Provinsi Riau. Terakhir materi ditutup dengan ilmu video jurnalistik oleh Rahmadi, reporter RIAU ONLINE.

Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Nurhafni, menyambut baik kedatangan jajaran Diskominfotik Provinsi Riau serta RiauOnline. Ia berharap dengan adanya workshop ini, peserta didik bisa lebih bijak dalam bermedia.

 ROL SMAN7-3Foto: Dok. Diskominfotik Riau

"Di era digitalisasi ini, informasi sangatlah banyak. Maka kita penting untuk melek media. Semoga pemaparan pemateri bisa menjadi ilmu bermanfaat bagi peserta didik kita di SMAN 7 Pekanbaru," ujarnya dalam sambutan.

Mewakili Kabid IKP Eriadi Fahmi SP, MM, staf Bidang IKP, Dasmuri Putra, S.P juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah. Ia berharap kegiatan bisa memberi ilmu bermanfaat bagi peserta didik.

 ROL SMAN7Foto: Dok. Diskominfotik Riau

"Alhamdulillah kita bisa hadir bersama di sini dalam rangka mengikuti kegiatan Literasi Digital di SMAN 7 Pekanbaru. Ide soal ini sebenarnya juga dari pak Kadis Kominfo. Terima kasih kepada kepala sekolah sudah berkenan menyediakan waktu dan tempat. Banyak materi yang disampaikan, soal bijak bermedia sosial dan seputar jurnalisme," ujarnya.

ROL SMAN7-5Foto: Dok. Diskominfotik Riau

Workshop jurnalistik ini merupakan satu rangkaian Goes to School bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 RIAU ONLINE. SMAN 7 dan SMAN 1 Pekanbaru menjadi sekolah tujuan di hari pertama kegiatan.

HUT ke-8 tahun ini mengusung tema "Begelige-Celebrating the 8th Anniversary of RIAU ONLINE".

ROL SMAN7-2Foto: Dok. Diskominfotik Riau

"Sesuai dengan tema kita usung, Begelige berarti cerdas, pintar, rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID diisi dengan acara-acara mencerdaskan anak-anak kita di Riau," ungkap Pemimpin Redaksi RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrur Rodzi.

 ROL SMAN7-8Foto: Dok. Diskominfotik Riau

Selain Goes to School, ada Goes to Campus, lomba karya tulis SMA, lomba konten video, mewarnai untuk anak-anak TK, serta di malam puncak akan dimeriahkan dengan penganugerahan bagi Pemda, kepala daerah, perusahaan BUMN, swasta, serta sekolah dan perguruan tinggi yang berinteraksi secara digital di media sosial.