Timnas Indonesia Pulangkan Golden Star Warriors, Bye-bye Vietnam!

Timnas-Indonesia14.jpg
(Asian cup 2023)

RIAU ONLINE, QATAR-Timnas Indonesia bikin pelatih Vietnam Philippe Troussier kecewa bukan kain. Vietnam kalah 0-1 dari Timnas Indonesia di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (19/1/2204) malam WIB. Vietnam pun tersingkir dari kejuaraan cuma gara-gara penalti.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia di laga tersebut tercipta dari tendangan penalti pada menit ke-42. Asnawi Mangkualam yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menjebol gawang Filip Nguyen.

Hadiah penalti diberikan wasit setelah Rafael Struick ditarik Nguyen Thanh Binh hingga terjatuh di kotak terlarang. Hal inilah yang membuat Troussier kecewa, karena kesalahan kecil menghancurkan segalanya.

"Saya kecewa kami kalah dalam pertandingan tersebut,” kata Troussier dalam konferensi pers usai pertandingan dikutip dari VN Express, Sabtu (20/1/2024).

"Ini adalah pertandingan berkualitas tinggi dan hasilnya ditentukan oleh situasi penalti, kesalahan kecil di area penalti. Detail kecil mempengaruhi seluruh tim," jelasnya.


Kekalahan dari Timnas Indonesia memastikan Vietnam angkat koper dari Piala Asia 2023. Namun, mereka masih memiliki satu pertandingan tersisa menghadapi Irak pada Rabu (24/1/2024) mendatang.

Tak mau larut dalam kesedihan, Troussier tetap mengincar poin di laga pamungkas.

"Hasil ini membuat Vietnam tidak mungkin melaju. Tapi kami akan tetap berjuang untuk tujuan tiga poin di babak pamungkas melawan Irak. Kami tidak boleh menyerah," pungkasnya.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam membuka peluang skuad Garuda untuk tampil di babak 16 besar. Terkini, tim Merah Putih menduduki posisi tiga klasemen sementara Grup D dengan tiga poin.

Jumlah tersebut sama dengan Jepang yang menempati posisi dua, namun unggul jumlah gol. Adapun Jepang secara mengejutkan dikalahkan Irak 1-2 di matchday kedua Grup D.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Jepang akan digelar Rabu (24/1/2024) dikutip dari suara.com