Saddil Ramdani Cetak Gol yang Selamatkan Timnas dari Kekalahan atas Filipina

Saddil-Ramdani2.jpg
((pssi.org))

RIAU ONLINE, MANILA-Timnas Indonesia berhasil meraup satu angka melawan Filipina dalam matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/2023). Bermain di Rizal Memorial Stadium, skuad Garuda harus puas berbagi angka dengan Filipina, 1-1.

Filipina unggul terlebih dahulu di babak pertama lewat gol Patrick Reichelt. Timnas Indonesia baru bisa membalas di babak kedua lewat gol Saddil Ramdani di menit ke-70.

Ini menjadi kegagalan kedua Timnas Indonesia meraih kemenangan. Sebelumnya di laga pertama skuad Garuda kalah 1-5 melawan Irak, sedanglan Filipina takluk 0-2 dari Vietnam.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan cukup sengit karena terjadi jual beli serangan. Di luar dugaan, Filipina mengancam gawang Timnas Indonesia di 10 menit awal ini.

Salah satu yang disorot adalah ketika Ernando Ari Sutaryadi melakukan penyelamatan gemilang. Tanpa kawalan, kiper yang akrab disapa Nando itu menepis bola ke luar gawang.

Timnas Indonesia kelihatan kesulitan membangun serangan. Serangan yang coba dibangun Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan selalu dipatahkan bek-bek Filipina.

Timnas Indonesia terus ditekan pertahanannya oleh Filipina. Kelihatan Elkan Baggott dan kawan-kawan kesusahan, tidak jarang melakukan kesalahan.


Timnas Indonesia akhirnya kebobolan di menit 23. Jordi Amat melakukan blunder di mana bola didapat oleh Patrick Reichelt. Tanpa kawalan sang pemain sukses menjebol gawang Ernando. Skor 1-0 untuk Filipina!

Tertinggal satu gol Timnas Indonesia masih kesulitan melakukan serangan. Hingga pada akhirnya Shin Tae-yong mengganti Sandy Walsh dengan Witan Sulaeman diharapkan bisa lebih menyerang.

Strategi itu terbilang berhasil. Timnas Indonesia mampu menyerang meski belum ada ancaman berarti bagi Filipina. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Timnas Indonesia banyak mulai banyak melakukan tekanan. Sementara Filipina mengandalkan serangan balik untuk menyerang.

Pertahanan Timnas Indonesia memang terlihat lebih kokoh. Terbukti, Filipina sangat kesulitan tembus pertahanan Elkan Baggott cs.

Meski sulit menembus pertahanan Filipina, Timnas Indonesia akhirnya berhasil meruntuhkan lini belakang tuan rumah di menit 72.

Ricky Kambuaya melewati tiga pemain lawan sebelum melepas umpan kepada Saddil Ramdani. Tanpa kawalan, pemain Sabah FC itu melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung kiper Neil Etheridge.

Pertandingan sudah memasuki menit ke-82, Timnas Indonesia masih berupaya membalikkan keadaan. Tapi, skuad Garuda kali ini memang menguasai jalannya pertandingan dikutip dari suara.com

Gawang Filipina terus digempur Timnas Indonesia. Akan tetapi hingga akhir laga, tidak ada gol tercipta. Kedua kubu harus puas menyudahi laga dengan skor 1-1

Susunan Pemain

Filipina (4-3-3): Neil Etheridge; De Murga, Daisuke Sato, Jefferson David Tabinas, Santiago Rublico Colminas; Patrick Reichelt, Manuel Ott, Kevin Ingreso; Mike Ott, Jesse Curran, Jose Elmer Porteria.

Pelatih: Michael Weiss.

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari; Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho; Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Asnawi Mangkualam; Saddil Ramdani, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.