Lumat Brighton 4-1, Newcastle United Jaga Asa Finish 4 Besar

Newcastle-United.jpg
(twitter@Newcastle United)

RIAU ONLINE, LONDON-Newcastle United melumat Brigton & Hove Albion 4-1 pada laga tunda pekan ke-25, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB.

Hasil ini menjaga asa untuk finis empat besar klasemen Liga Inggris 2022-2023.

Keunggulan Newcastle dibuka melalui gol bunuh diri Deniz Undaz sebelum Dan Burn, Callum Wilson dan Bruno Guimaraes masing-masing mencetak satu gol. Denis Undaz menebus kesalahannya dengan mencetak gol hiburan.

Tambahan tiga poin membuat Newcastle kukuh di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan 69 poin dari 36 laga, unggul empat angka dari Liverpool di posisi kelima dan tiga angka dari Manchester United di posisi keempat.

Newcastle cuma butuh tiga poin dari dua laga terakhir untuk memastikan tiket Liga Champions. Sedangkan Brighton berada di posisi keenam dengan 58 poin dari 35 laga, demikian catatan laman resmi UEFA.


Newcastle membuka keunggulan pada menit ke-22. Bermula dari sepak pojok, bola yang dikirimkan ke kotak penalti coba dibuang Deniz Undav. Namun, malah bergerak masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-0.

Keunggulan tim tuan rumah bertambah menjadi 2-0 di akhir babak pertama melalui sundulan Dann Burn yang gagal dihalau Jason Steele setelah menyambut sepakan bebas Trippier.

Brighton berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-51. Undav menebus kesalahannya dengan mencetak gol lewat sepakan jarak dekat yang menaklukkan Nick Pope. Skor menjadi 2-1

Gol tersebut menambah semangat Brighton untuk mencetak gol penyeimbang. Mereka memasukkan Alexis Mac Allister, Juan Enciso, dan Evan Ferguson untuk menambah daya gedor.

Namun, gawang mereka justru kembali kemasukan gol Newcastle pada menit ke-89. Umpan terobosan Almiron diterima Wilson yang masuk ke kotak penalti sebelum menaklukkan Steele lewat tendangannya. Brighton tertinggal 1-3

Newcastle memperparah penderitaan Brighton dengan mengemas gol keempat mereka di masa injury time. Bruno Guimaraes mencatatkan namanya di papan skor setelah menuntaskan umpan dari Wilson. Tim tuan rumah menang dengan skor 4-1 dkutip dari suara.com