Hasil Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Jepang

Timnas-Indonesia0.jpg
(dok. PSSI via Suara.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Hasil Drawing untuk fase grup Piala Asia 2023 telah digelar di Doha, Qatar, Kamis (11/5/2023) petang WIB. Setelah diundi, Timnas Indonesia berada di Grup D yang bisa dibilang merupakan grup neraka bersama Jepang, Irak, dan Vietnam

Putaran final Piala Asia akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Ajang ini awalnya sebenarnya akan digelar di China pada 16 Juni - 16 Juli 2023, tapi China mengundurkan diri sebagai tuan rumah gara-gara pandemi COVID-19.

Sebanyak 24 negara akan bersaing menjadi yang terbaik dalam kejuaraan sepak bola paling bergengsi di Asia ini.

Adapun Timnas Indonesia, yang menempati pot 4 dalam drawing, akhirnya memang harus rela diundi bertemu lawan-lawan kuat.

Sebagai tim dengan peringkat FIFA terendah (149) dari 24 tim peserta Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diundi bertemu Jepang, Irak dan Vietnam.

Timnas Jepang tak diragukan merupakan macan Asia. Tim berjuluk The Samurai Blue ini merupakan tim tersukses sepanjang sejarah Piala Asia dengan raihan empat gelar juara.

Jepang juga tampil fenomenal di Piala Dunia 2022 Qatar lalu dengan menjungkalkan Jerman serta Spanyol di fase grup, dan hanya tersingkir lewat adu penalti oleh Kroasia di babak 16 besar.

Sementara itu, Irak merupakan tim Asia Barat yang tak bisa dianggap remeh. Irak merupakan kampiun Piala Asia 2007 silam saat Indonesia jadi tuan rumah.


Sedangkan Vietnam merupakan tim raksasa di kawasan ASEAN alias Asia Tenggara saat ini dikutip dari suara.com

Berikut Hasil Drawing Piala Asia 2023:

Grup A


Qatar
China
Tajikistan
Lebanon

Grup B

Australia
Uzbekistan
Suriah
India

Grup C

Iran
Uni Emirat Arab
Hong Kong
Palestina

Grup D

Jepang
Indonesia
Irak
Vietnam

Grup E

Korea Selatan
Malaysia
Yordania
Bahrain

Grup F

Arab Saudi
Thailand
Kirgistan
Oman