Ditahan Imbang Southampton dan Bertemu City Pekan Depan, Arsenal Masih Pede Juara?

Arsenal18.jpg
(Instagram@arsenal)

RIAU ONLINE, LONDON-Arsenal sedang dalam posisi tertekan pasca ditahan imbang imbang Southampton 3-3 pada pekan ke-32 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Jumat malam waktu setempat.

Hasil kurang baik ini menjadi hasil imbang ketiga beruntun dari Arsenal pada ajang Liga Inggris setelah sebelumnya tak mampu menang menghadapi West Ham dan Liverpool.

Pada pertandingan tersebut Southampton sempat unggul terlebih dahulu melalui gol cepat yang dicetak oleh Carlos Alcaraz serta Theo Walcott, namun Arsenal sempat memperkecil ketertinggalan berkat Gabriel Martinelli, demikian catatan Liga Inggris.

Southampton kembali menambah keunggulan berkat Duje Caleta-Car, lalu Arsenal kembali memperkecil ketertinggalan melalui Martin Odegaard dan selamat dari kekalahan karena gol di menit akhir Bukayo Saka.

Hasil imbang ini tetap membuat Arsenal masih menempati posisi pertama klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 75 poin dari 32 pertandingan, berselisih lima poin dari Manchester City di posisi kedua yang masih menyisakan dua laga untuk dimainkan.

Di sisi lain, Southampton masih tertahan di posisi juru kunci dengan raihan 24 poin, terpaut tiga poin dari zona aman klasemen sementara Liga Inggris.


Pada pertandingan ini Arsenal tampil dominan dengan mencatatkan 75 persen penguasaan bola dan melepaskan 25 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.


Namun skuad asuhan Mikel Arteta harus kebobolan terlebih dahulu ketika pertandingan baru berjalan satu menit karena kesalahan yang dilakukan oleh kiper Aaron Ramsdale.

Kiper asal Inggris tersebut berusaha memberikan bola kepada lini belakang Arsenal, namun lemparannya dapat dicuri oleh Alcaraz yang melepaskan tendangan keras menghujam jala gawang tim tuan rumah sehingga skor berubah menjadi 1-0.


Southampton mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-14 setelah umpan terobosan Alcaraz dapat dikonversikan menjadi gol oleh Walcott.

Tertinggal dua gol, Arsenal dapat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-20 setelah umpan silang Saka dapat disambut oleh tendangan voli Martinelli yang membobol gawang dari Southampton.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim memperagakan permainan terbuka, akan tetapi hingga turun minum skor 2-1 untuk keunggulan The Saints tetap bertahan.

Selanjutnya pada babak kedua Southampton mampu menambah keunggulan pada menit ke-66 ketika bek Duje Caleta-Car membobol gawang dari Arsenal setelah memanfaatkan umpan dari Armel Bella-Kotchap sehingga skor berubah menjadi 3-1.

Kembali tertinggal dua gol, Arsenal terus berupaya untuk memperkecil ketertinggalan melalui upaya yang dilakukan oleh Gabriel Jesus dan Saka, namun masih dapat dihentikan oleh lini pertahanan Southmpton.

The Gunners berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-88 melalui gol yang dicetak oleh Odegaard setelah memanfaatkan umpan Ben White.

Berselang dua menit, Arsenal dapat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah Saka membobol gawang dari Southampton setelah memanfaatkan bola pantul dari kiper Gavin Bazunu.

Wasit Simon Hooper memberikan tambahan waktu 10 menit dan Arsenal beberapa kali memiliki peluang untuk berbalik unggul, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor sama kuat 3-3 bagi kedua tim tetap bertahan.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi partai berat kontra Manchester City pada pekan ke-33 Liga Inggris, Kamis (27/4), sedangkan skuad asuhan Ruben Selles akan menjamu Bournemouth, sehari setelahnya dikutip dari suara.com

Susunan Pemain:

Arsenal (4-3-3): Ramsdale; Zinchenko (Trossard 72'), Magalhaes, Holding, White; Vieira (Nketiah 57'), Partey, Odegaard; Martinelli (Nelson 85'), Jesus, Saka

Pelatih: Mikel Arteta

Southampton (4-4-2): Bazunu; Perraud, Bella-Kotchap, Bednarek (Caleta-Car 41'), Walker-Peters; Armstrong (Diallo 77'), Lavia (Sulemana 86'), Ward-Prowse, Elyounoussi; Alcaraz (Lyanco 46'), Walcott (Onuachu 77')

Pelatih: Ruben Selles