Ditahan Imbang Persebaya, Persib Makin Sulit Kejar PSM Makassar

Persib4.jpg
([dok. Persib])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Persib Bandung hampir dipermalukan Persebaya Surabaya dalam big match pekan ke-30 BRI Liga 1 2022/2023, Senin (13/3/2023) sore WIB.

Beruntung, sempat tertinggal dua gol, Persib mampu memaksakan hasil imbang 2-2 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik.

Persebaya unggul 2-0 lebih dahulu lewat gol di babak pertama oleh Mochammad Supriadi dan Jose Valente. Persib sendiri sukses membalas di babak kedua via gol bunuh diri Riswan Lauhim dan gol dari eks bomber Persebaya, David da Silva.

Hasil seri ini praktis membuat kans juara Persib di Liga 1 musim ini semakin sulit. Persib di peringkat kedua gagal mendekatkan diri ke pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar yang di laga lainnya hari ini sejatinya ditahan imbang Persita Tangerang 0-0.

Persib kini mengumpulkan 53 poin dari 28 pertandingan, tetap berjarak 13 angka dari PSM yang mengoleksi 66 poin namun sudah bermain 30 kali. PSM kini tinggal menyisakan empat pertandingan di Liga 1 musim ini, sementara Persib enam laga.

Persib sendiri sudah gagal menang di lima laga terakhirnya di Liga 1 dengan menelan tiga kekalahan.

Di sisi lain, Persebaya tetap di posisi kedelapan dengan hasil imbang ini. Klub berjuluk Bajul Ijo itu mengoleksi 39 poin namun baru bertanding 27 kali. Persebaya juga telah gagal memenangi lima laga pamungkasnya di Liga 1.


Di Joko Samudro, duel Persebaya vs Persib sudah seru sejak awal laga. Kedua tim sudah saling serang satu sama lain demi mencetak gol.


Persebaya Surabaya lebih efektif di babak pertama ini, meski penguasaan bola lebih banyak ada di Maung Bandung. Beberapa percobaan dimiliki kedua kesebelasan agar bisa mencetak gol.


Persebaya Surabaya membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-23. Gol berawal dari tendangan pojok Ze Valente. Bola yang meluncur berhasil disambut Supriyadi yang lari dari belakang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Unggul satu gol tak membuat serangan para pemain Bajul Ijo kendur. Alhasil, 10 menit kemudian Bajul Ijo menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Gol kali ini dicetak Ze Valente. Legiun asing Persebaya itu mencatatkan namanya di papan skor lewat serangan balik.

Tertinggal dua gol, Persib mencoba bangkit. Namun sampai dengan turun minum skor 2-0 untuk Persebaya Surabaya tidak mengalami perubahan.

Di babak kedua Persib Bandung tampil lebih ganas. Sejak peluit dibunyikan, lini pertahanan Persebaya terus digempur oleh tim asuhan Luis Milla.

Namun, mereka seperti kesulitan menjebol gawang Persebaya. Lini belakang Bajul Ijo, khususnya kiper Ernando Ari Sutaryadi sangat baik sehingga tidak kebobolan setidaknya sampai menit ke-75.

Gawang Persebaya akhirnya kebobolan pada menit ke-76. Berawal dari tendangan pojok Marc Klok, bola mengenai kepala pemain Riswan yang masuk ke dalam gawangnya sendiri sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Upaya Maung Bandung kembali berhasil pada menit ke-83. David Da Silva yang memanfaatkan kelemahan pemain lawan sukses getarkan gawang Persebaya sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Sampai dengan peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan tidak ada tambahan gol tercipta. Kedua tim bermain imbang 2-2 dikutip dari suara.com

Susunan Pemain:

Persebaya XI (4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi; Altalariq Ballah, Leonardi Lelis Riswan Lauhim, Arief Catur Pamungkas; Alwi Slamat, Muhammad Hidayat; Sho Yamamoto, Jose Valente, Mochammad Supriadi; Paulo Victor.

Pelatih Aji Santoso (Indonesia)

Persib XI (3-5-2): Teja Paku Alam; Rachmat Irianto, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto; Daisuke Sato, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Ricky Kambuaya; Ciro Alves, David da Silva.

Pelatih: Luis Milla (Spanyol)