Kenalin, Seiya da Costa Lay Calon Senjata Penghancur di Timnas Indonesia U-22

Seiya-da-Costa2.jpg
(Foto: Ovan Setiawan/TIMES Indonesia via Suara.com)

RIAU ONLINE - Sederet bintang hebat masih melengkapi Timnas Indonesia U-10 besutan Indra Sjafri. Satu di antaranya Seiya da Costa Lay, pesepak bola keturunan Jepang yang punya kiprah uni di Indonesia.

Seiya da Costa Lay merupakan satu dari pemain baru dalam daftar 17 nama yang dipanggil Indra Sjafri untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-20 persiapan SEA Games 2023.

Kemunculan Seiya da Costa Lay memang menjadi perhatian khusus. Pasalnya, pemain keturunan itu mendapat kesempatan untuk membuktikan kemampuannya bersama skuad Garuda Muda.

Seiya da Costa Lay merupakan pemain keturunan yang lahir di Hiroshima, Jepang pada 30 September 2001 atau 21 tahun silam.

Kendati lahir dan besar di Jepang, Seiya da Costa Lay punya paspor Indonesia. Artinya, Seiya da Costa Lay masih adalah warga negara Indonesia (WNI).


Pemain yang punya tinggi badan 177 cm itu punya darah Indonesia dari sang ayah. Sang ayah, Jefry da Costa, lahir di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seiya da Costa Lay merupakan pemain yang posisi naturalnya sebagai gelandang bertahan. Tapi, dirinya juga punya kemampuan multi-posisi.

Sebab, pemain berusia 21 tahun ini juga bisa diplot sebagai bek tengah. Ini tak terlepas dari aspek defensif pemain asal Hiroshima itu.

Seiya da Costa Lay memulai karir sepak bola di Indonesia sejak 2019 lalu. Saat itu ia bersama Arema FC dan bergabung di tim U-18.

Kemudian, Seiya da Costa Lay bermain di Liga 1 U-18, bahkan disebut-sebut menjadi pemain asing pertama di kompetisi tersebut.

Seiya da Costa Lay juga sudah mendapatkan kesempatan debut di Liga 1. Debutnya di Liga 1 ini hadir saat Arema FC menghadapi Persis Solo. Pada laga itu, Seiya da Costa Lay masuk di menit ke-89, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Minggu, 12 Maret 2023.

Debut itu didapatkan setelah dirinya bertarung dengan cedera ACL yang dideritanya pada 2021, namun ia juga belum bisa kembali bermain sejak mencatatkan debut itu.