Pusing Pemain Tidak Dilepas Klub, Shin Tae-yong Curhat ke Media Korsel

Shin-Tae-yong15.jpg
([Twitter/@PSSI])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Shin Tae-yong curhat kepada Media Korea Selatan. Pelatih Timnas Indonesia U-20  itu mengeluh soal sulitnya memanggil pemain di klub Liga 1 Indonesia untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-20.

Perihal curhatan itu dikatakan Shin Tae-yong dalam media Korea Selatan, Naver. Di sana Shin Tae-yong menuliskan dalam sebuah blog.

Para pemain itu dipanggil untuk ikut bertanding dalam Piala Dunia U-20 dan Piala Asia U-20 tahun 2023 ini. Di sisi lain, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Shin Tae-yong pun mengungkapkan sudah mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi dan penggemar sepak bola Indonesia.

"Dari penggemar sepak bola umum hingga presiden, mereka menantikan acara besar yang diadakan di negara mereka," tulis Shin Tae-yong.


"Tujuan dan pekerjaan rumah saya adalah agar negara tuan rumah lolos dari kualifikasi dan maju ke turnamen. Saya pikir ini tantangan yang layak diambil karena kita tahu potensi anak muda Indonesia."


Hanya saja sangat ironis, Shin Tae-yong curhat jika sangat sulit memanggil pemain-pemain klub Liga Indonesia untuk ikut dalam pelatihan terpusat atau TC Timnas Indonesia U-20.


"Ironisnya, sulit untuk memanggil pemain muda karena mereka dipilih dan membuahkan hasil. Tidak mudah memanggil para pemain ini karena mereka bermain sebagai poros utama tim," kata Shin Tae-yong.

Salah satu klub yang baru sebagian lepas pemainnya untuk TC Shin Tae-yong adalah Persija.

Di sisi lain, Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengaku belum mau melepas empat pemainnya ke training camp (TC) Timnas Indonesia U-20 dalam waktu dekat ini. Itu baru akan dilakukan mepet saat akan menuju Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023.

Seperti diketahui, Pelatih Timnas Indonesia U-20 memanggil sempilan pemain Persija Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan. Nah, baru lima yang dilepas sementara sisanya masih ditahan di klub yaitu Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, dony Tri Pamungkas, dan Alfriyanto Nico Saputro.

Seharusnya, mereka semua bergabung dalam TC Timnas Indonesia U-20 yang sudah dimulai sejak awal Februari 2023. Sementara Piala Asia U-20 bergulir pada 1-18 Maret mendatang.


Thomas Doll merasa Ferarri, Dony, Cahya, dan Nico tetap ada di Persija. Kemampuannya akan terus meningkat karena terus berkompetisi tidak hanya berlatih saja dikutip dari suara.com