Biang Kerok di Balik Kekalahan Liverpool Ditekuk Brighton di Liga Inggris

liverpool-vs-brighton.jpg
(Instagram/liverpoolfc)

RIAU ONLINE - Keunggulan Brighton & Hove Albion harus diakui Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023. The Reds terpaksa bertekuk lutut di hadapan tuan rumah Brighton & Hove Albion dengan skor telak 3-0 saat bertanding di Stadion Falmer, Brighton, Sabtu, 14 Januari 2023 malam WIB.

Solly March mencetak gol-gol kemenangan di menit ke-46 dan ke-53. Danny Welbeck juga turut mencantumkan namanya di papan skor usai golnya di menit 81.

Alhasil, Liverpool merosot ke peringkat 9 dengan torehan 28 poin dari 18 laga. Sementara itu, Brighton berkat kemenangan ini merangkat ke posisi ke-7 dengan koleksi 30 poin dari 18 pertandingan.

Berdasarkan data Sofascore, sebagaimana dilansir dari kumparan, Minggu, 15 Januari 2023, berikut sejumlah nama yang menjadi biang kerok kekalahan Liverpool pada laga tersebut.

Joel Matip

Satu kesalahan bek asal Kamerun yang berbuah gol bagi Brighton berhasil mengacaukan permainan pada laga semalam.

Kendati mampu mencatatkan 4 sapuan serta satu intersep, Joel Matip selalu gagal dalam setiap duel darat. Akurasi umpan jauhnya hanya 20 persen saja.

Setidaknya, Joel Matip sebelas kali kehilangan bola di jantung pertahanan Liverpool. Wajar saja jika Matip hanya mendapat rating 5,7 di laga ini.

Jordan Henderson


Jordan Henderson, sang kapten tim Liverpool tak memberi kontribusi signifikan di pertandingan kemarin. Lima percobaan umpan jauh selalu gagal menemui sasaran.

Duel udara Henderson juga cukup buruk sebab selalu kalah dalam setiap kesempatan. Kontribusi Henderson di laga ini hanyalah 1 intersep dan dua tekel.

Selebihnya, Henderson hanya menjadi pelengkap tim tanpa peran yang berarti. Alhasil, Henderson diberi rating 6,4.

Alex Oxlade-Chamberlain

Alex Oxlade-Chamberlain dipasang lebih ke depan posisinya justru membuat penampilannya tidak efektif. Terlihat hanya dua kali tembakan dilakukannya sepanjang 69 menit dirinya merumput.

Satu tembakannya terarah ke gawang, namun berhasil ditepis, sementara satu tembakan lainnya masih melebar. Tercatat Chamberlain hilang dua peluang emas yang seharusnya menjadi gol.

Chamberlain juga kurang bisa berdaya dalam hal duel udara di laga tadi. Oleh karena itu, Chamberlain hanya meraih rating 6,1.

Joe Gomez

Di menit 69, Joe Gomez masuk mengantikan Joel Matip yang hasilnya sama saja. Ia hanya mencatat 1 sapuan serta sekali blok.

Terlepas itu, Gomez sering kecolongan. Dari total dua duel krusial, Gomez selalu takluk dari lawannya.

Dua kali pula Gomez lepas bola saat berada di lini pertahanan. Ini jelas sangat berbahaya dan membuat penampilannya dinilai buruk dengan rating 6,2.