´╗┐

Indonesia Superior bila Hadapi Vietnam di Piala AFF, Berlanjut di 2023?

Timnas-Vietnam-Piala-AFF.jpg
(Twitter/Theaseanball)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Timnas Indonesia ternyata punya jejak superior saat melawan Timnas Vietnam di skala Asia. Sebab tercatat Vietnam belum pernah menang sejak tahun 1996.

Dikutip dari Bolatimes, terakhir kali Vietnam berhasil meraih kemenangan atas timnas Indonesia adalah di Piala AFF 1996. Kala itu Golden Star Warriors mengalahkan skuad Garuda dengan skor 3-2.

Setelah itu, rekor pertemuan tidak pernah berpihak kepada Vietnam. Dimulai dari Piala AFF 2002, Golden Star Warriors meraih kekalahan tiga kali dan ditahan imbang sebanyak empat kali.

Padahal jika di pertemuan lain seperti Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Vietnam sukses mendominasi timnas Indonesia dengan skor 3-1 dan 4-0.

Kendati begitu, tim Merah Putih menjadi lawan yang alot bagi Vietnam di Piala AFF. Terakhir kali pertemuan kedua tim ini terjadi di edisi 2020.

Vietnam yang lebih diunggulkan dengan deretan pemain bintang gagal menang karena ditahan imbang 0-0 oleh anak asuh Shin Tae-yong.


Vietnam menjadi tim yang berpeluang finis sebagai pemuncak grup B.

Sebab, anak asuh Park Hang-seo bakal menghadapi Myanmar di laga terakhir.

Hal itu disoroti media Vietnam. Timnas Indonesia kini sudah menyegel satu tiket ke semifinal Piala AFF 2022 dengan status runner up grup A. Nantinya skuad Garuda akan menghadapi juara di grup B.

Selain itu, dua tim lain yang punya peluang lolos, yakni Malaysia serta Singapura akan saling bertarung.

Vietnam favorit untuk menjadi pemuncak tangga klasemen grup B Piala AFF 2022.

Jika situasi seperti itu, maka Vietnam akan menghadapi timnas Indonesia.

Akan tetapi, media mereka pesimis anak asuh Park Hang-seo bisa menumbangkan tim yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Vietnam vs Indonesia: tim Vietnam belum pernah menang melawan Indonesia lagi di Piala AFF," tulis judul Thanh Nien disadur pada Selasa (3/1/2023).

Kini kedua tim berpotensi kembali bertemu di semifinal Piala AFF 2022. Apakah timnas Indonesia bisa memperpanjang catatannya atau Vietnam yang bisa memutus rekor buruk melawan skuad Garuda dikutip dari suara.com