Bank Sentral Argentina Wacanakan Pasang Wajah Messi di Uang Kertas

Argentina24.jpg
(Twitter/thesun)

RIAU ONLINE, BUENOS AIRES-Bank Sentral Argentina wacanakan pasang wajah Messi di uang kertas. Kemenangan Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022 diapresiasi Bank Sentral Argentina. 

Bank milik negara Argentina  itu dilaporkan tengah mempertimbangkan menempatkan foto Lionel Messi dan Tim Tango ke dalam uang kertas negara mereka.

Rencana itu muncul setelah Lionel Messi membantu timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar dengan mengalahkan Prancis di babak final, Minggu (18/12/2022) lalu.

Dilansir dari The Sun, Kamis (22/12/2022), wajah Lionel Messi direncanakan bakal terpampang dalam uang kertas pecahan 1.000 peso.

Menurut surat kabar El Financiero, para pejabat di badan pengatur keuangan negara Amerika Selatan itu sedang mencari opsi untuk menandai gelar Piala Dunia ketiga mereka.


Selain menaruh foto Lionel Messi, di sisi belakang uang kertas itu nantinya bakal tertulis "La Scaloneta", panggilan untuk pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni.

Wacana memasukan wajah Messi, Timnas Argentina dan pelatih Scaloni ini disebut semata-mata sebagai penghormatan atas jasa besar mereka yang sebelum Piala Dunia 2022 juga berhasil merengkuh trofi Copa America 2021 dan Finalissima 2022.

 Penghormatan Bank Sentral Argentina terhadap tim sepak bola mereka sejatinya bukan kali pertama terjadi. Pada kemenangan edisi 1978, mreka membuat koin komersial untuk memperingati keberhasilan merengkuh trofi Jules Rimet perdana itu.

Messi saat ini sedang menikmati kejayaannya di Piala Dunia setelah akhirnya mendaratkan satu-satunya trofi yang hampir sepanjang kariernya begitu sulit untuk direngkuh.

Dia mencetak dua gol di final yang tak terlupakan yang dimenangkan Argentina melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 dengan Prancis setelah perpanjangan waktu dikutip dari suara.com

Messi, 35, dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen, meskipun gagal menjadi top skor karena perolehan 7 golnya dilampaui striker Prancis, Kylian Mbappe (8) yang mencetak hattrick di babak final.