Gol Messi vs Mbappe di Piala Dunia 2022, Siapa Bakal Digelari Golden Boot?

Messi-vs-Mbappe.jpg
(REUTERS via Merdeka.com)

RIAU ONLINE - Piala Dunia 2022 menghasilkan dua kandidat terkuat yang akan merengkuh gelar top skor, yakni Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Messi dan Mbappe sejauh ini merupakan pemain yang mencetak gol terbanyak dalam Piala Dunia yang berlangsung di Qatar tahun ini. Menariknya, masing-masing mengumpulkan lima gol dari laga awal hingga jelang final.

Lalu, bagaimana menentukan peraih gelar Golden Boot atau Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022?

Menurut laman resmi FIFA, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 18 Desember 2022, ada perhitungan khusus yang akan menentukan pemain yang berhak digelari Golden Boot Piala Dunia 2022.

Ternyata, gol saja tidak cukup untuk menjadi parameter. Sebab saat ini jumlah assist dan menit bermain yang dicatatkan seoran pemain juga akan menjadi perhitungan.

FIFA khusus merancang kalkulasi ini agar tidak ada lebih dari satu pemain yang berhak membawa pulang gelar Golden Boot Piala Dunia 2022.


Pasalnya, pada sejumlah Piala Dunia edisi lampau, ada sejumlah pemain yang secara bersama-sama meraih gelar pencetak gol terbanyak.

Pada Piala Dunia 1994, misalnya, terdapat dua pemain yang meraih gelar ini secara bersama, yakni Hristo Stoichkov (Bulgaria) dan Oleg Salenko (Rusia). Keduanya saat itu sama-sama mengemas empat gol.

Karenanya, FIFA kemudian merancang rumusan khusus untuk menentukan peraih gelar Golden Boot pada Piala Dunia kali ini.

Jika jumlah golnya sama, maka gelar Golden Boot Piala Dunia 2022 akan diberikan kepada pemain yang memiliki koleksi assist yang lebih banyak.

Namun, jika koleksi assist masing-masing pemain ini masih setara, maka parameter selanjutnya yang akan dihitung ialah menit bermain paling sedikit yang bakal menjadi peraih Golden Boot.

Sementara saat ini, Lionel Messi memang cenderung diunggulkan sebagai calon peraih gelar Golden Boot Piala Dunia 2022 daripada Kylian Mbappe, meski keduanya sama-sama mengoleksi lima gol.

Akan tetapi, La Pulga memiliki koleksi assist yang lebih banyak, yakni tiga assist, berbanding dua milik Mbappe. Jika kondisi ini tak berubah pascalaga final Piala Dunia 2022, maka Messi bakal meraih Golden Boot Piala Dunia 2022.

Terkait menit bermain, Messi sebetulnya punya catatan yang lebih banyak, yakni 570 menit, sedangkan Mbappe bermain selama 477 menit.