Mbappe Brace, Prancis Sikat Polandia 3-1, Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Timnas-Prancis6.jpg
(Photo credit: Twitter/iAyanAhmad)

RIAU ONLINE, DOHA-Mbappe Brace, Prancis Sikat Polandia 3-1, Melaju ke perempat final Piala Dunia 2022.

Timnas Prancis melaju mulus ke babak perempat final Piala Dunia 2022 setelah menghantam Polandia 3-1. Gol Les Bleus di babak 16 besar ini dicetak oleh Olivier Giroud dan Kylian Mbappe dengan dua gol.

Pada laga Prancis vs Polandia yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Minggu (4/12/2022), Giroud membuka kemenangan Les Bleus di babak pertama dan Mbappe menyumbang dua gol di babak kedua.

Sementara Polandia memperkecil kedudukan menjadi 1-3 lewat tendangan penalti Robert Lewandowski saat injury time. Kemenangan 3-1 membawa Prancis lolos perempat final.


Skuat besutan Didier Dsechamps ini akan menghadapi pemenang antara Inggris vs Senegal di babak 16 besar yang akan dimainkan dini hari nanti.

Jalannya Pertandingan

Prancis lebih dulu menekan di awal dan ancaman dari Raphael Varane masih gagal setelah sundulannya masih melebar setelah menyambut sepak pojok di menit ke-4.


Tekanan masih terus coba dilakukan Prancis ke pertahanan Polandia. Sebuah tendangan langsung Kylian Mbappé ke gawang masih dapat diamankan kiper Wojciech Szczesny di menit ke-10

Tiga menit berselang, Szczesny mampu menggagalkan tendangan keras Aurelien Tchouameni dari luar kotak penalti. Polandia mencoba membangun serangan namun masih dapat diredam barisan pertahanan Prancis.

Kembali Les Bleus melakukan tekanan namun sepakan Ousmane Dembélé masih dapat dengan mudah ditangkap Szczesny. Sementara ancaman Polandia lewat sepakan keras kaki kiri Robert Lewandowski masih berada di samping gawang Prancis.


Kedua tim mulai saling menyerang. Prancis kembali mengancam namun Olivier Giroud gagal memanfaatkan peluang di depan gawang. Menit ke-31, tendangan bebas Lewandowski masih membentur pagar betis pemain Prancis.

Prancis mengancam lewat sepakan keras Kylian Mbappé yang masih dapat diblok Szczesny di menit ke-35. Setelah itu Polandia melakukan tekanan dan sempat terjadi kemelut di depan gawang Prancis.

Hugo Lloris lebih dulu memblok bola sebelum bola kembali disambar pemain Polandia dan Raphael Varane berhasil memblok tendangan Jakub Kaminski di mulut gawang dan selamatlah gawang Prancis.

Akhirnya Olivier Giroud membuat Prancis unggul 1-0. Ia menjebol gawang Polandia lewat sepakan kaki kirinya setelah menyambut umpan terobosan Kylian Mbappé di menit ke-44.

Polandia mencoba membalas namun hingga turun minum skor masih tetap 1-0 bagi keunggulan Prancis.

Di babak kedua, Prancis kembali melanjutkan tekanannya. Sebuah tendangan bebas Antoine Griezmann sudah mengarah ke gawang namun masih dapat diblok Wojciech Szczesny di menit ke-47.

Sementara Polandia juga mencoba membuka serangan namun belum ada peluang berbahaya. Prancis kembali menekan sebuah sepakan keras Mbappe masih mengenai kaki pemain lawan sehingga bola masih menyamping.

Pada menit ke-56, Szczesny terbaring di lapangan setelah berbenturan dengan Raphael Varane saat memblok bola di depan gawang. Namun kiper Polandia ini dapat kembali melanjutkan pertandingan

Serangan masih terus dilancarkan Les Bleus namun masih gagal dalam penyelesaian akhir. Sementara ancaman dari Polandia lewat sundulan Kamil Glik masih melambung di menit ke-72.

Pada menit ke-74, Kylian Mbappé mencatatkan namanya di papan skor. Mbappe yang mendapatkan bola dari umpan Dembele, dengan tenang menyepak bola dengan kaki kanannya tanpa mampu dijangkau oleh Szczesny.


Skor menjadi 2-0 bagi Prancis. Les Bleus masih melanjutkan serangannya. Peluang dimiliki oleh Theo Hernández di menit ke-81 namun masih melebar.

Mbappe mencetak gol keduanya lewat sepakan keras kaki kanannya di menit ke-90 dan membawa Prancis unggul 3-0 atas Polandia.

Lewandowski sempat mengancam jelang akhir laga namun bola berada tipis di samping gawang. Saat injury time Polandia mendapat hadiah penalti dan tendangan penalti Lewandowski masih dapat ditangkap oleh Hugo Lloris dikutip dari suara.com

Namun wasit meminta untuk mengulanginya karena kiper Prancis bergerak sebelum penalti dilakukan. Lewandowski memanfaatkan kesempatan keduanya itu dengan baik dan membuat skor menjadi 1-3.


Susunan Pemain Prancis vs Polandia :

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris, Dayot Upamecano, Raphaël Varane, Theo Hernández, Jules Koundé, Antoine Griezmann, Adrien Rabiot, Aurélien Tchouaméni, Olivier Giroud,Kylian Mbappé, Ousmane Dembélé


Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny, Kamil Glik, Jakub Kiwior, Bartosz Bereszynski, Grzegorz Krychowiak, Sebastian Szymanski, Przemyslaw Frankowski, Matty Cash, Robert Lewandowski, Jakub Kaminski, Piotr Zielinski