Bukan Indonesia, Negara Ini Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

AFC-Logo2.jpg
(AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

RIAUONLINE - Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, menyampaikan Qatar resmi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang.

Dengan begitu, Indonesia dan Korea Selatan dipastikan tersingkir sebagai kandidat tuan rumah ajang tersebut. Melalui pernyataannya, Presiden AFC menyampaikan selamat untuk Qatar sebagai pemenang dalam pemilihan ini.

“Atas nama AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar karena telah diberikan hak menjadi tuan rumah dari edisi mendatang Piala Asia AFC 2023," bunyi keterangan resmi Presiden AFC, dikutip dari Kumparan, Senin, 17 Oktober 2022.

“Kami juga harus berterima kasih kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Persatuan Sepak Bola Korea [KFA] yang telah menjelaskan niat mereka untuk menggelar turnamen," imbuhnya.

Terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah ajang sepak bola terbesar se-Asia itu lantaran AFC menilai negara itu lebih berpengalaman melaksanakan berbagai turnamen olahraga internasional. Selain itu, kinerja Qatar sebagai tuan rumah selama ini juga sangat baik dan cukup pantas jika kembali dipercaya untuk menggelar ajang sepak bola bergengsi Piala Asia tahun mendatang.


“Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang cermat terhadap detail sangat dikagumi di seluruh dunia," sambungnya.

Shaikh Salman juga turut mengapresiasi kinerja AFC yang sudah memberikan upaya terbaik untuk memilih tuan rumah Piala Asia dalam waktu yang cukup singkat. Itu usai China memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai tuan rumah pada 14 Mei lalu.

“Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses penawaran cepat yang adil dan transparan dan saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor kami atas kesabaran mereka selama masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini," lanjut Shaikh Salman.

“Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu bahwa kerja keras segera dimulai tetapi dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan hosting yang tak tertandingi, kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia,” ujarnya.

Presiden AFC juga menyampaikan akan mempertimbangkan India dan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Asia 2027. Kedua negara tersebut terpilih sebagai kandidat terkuat mengalahkan calon tuan rumah lainnya yang telah mengajukan diri, Uzbekistan adn Iran.

“Di Federasi Sepak Bola Seluruh India dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi, kami memiliki dua tawaran yang patut dicontoh, dan saya yakin bahwa Asosiasi Sepak Bola Qatar akan memperkuat fondasi untuk tuan rumah 2027 yang akhirnya dibangun,” jelasnya.

Piala Asia 2023 bakal dihelat pada 16 Juni 2023 hingga 16 Juli 2023. Sebanyak 24 tim telah dipastikan akan berlaga di putaran final Piala Asia 2023, termasuk Timnas Indonesia yang berhasil lolos usai menempati peringkat kedua Grup A babak ketiga Pra-Piala Asia pada Juni lalu.