5 Pemain Barcelona dengan Nilai Jual Termahal

Neymar.jpg
(AFP)


RIAUONLINE - Keputusan Lionel Messi untuk pergi dari Camp Nou memang membuat Barcelona rugi bandar. Tapi sebagai klub besar Spanyol, mereka sering mendatangkan untuk besar dari penjualan pemain.

Mustahil bagi Barcelona mengalami krisis finansial, namun hal ini yang kemudian menjadi penyebab perginya Lionel Messi.

Padahal Barcelona menjadi klub Spanyol yang rajin meraup untung dari penjualan pemain dengan nominal yang tak sedikit.

Barcelona pernah menjual sejumlah pemain dengan nominal yang tinggi, bahkan di antaranya memecahkan rekor penjualan pemain atau rekor transfer pada masanya.

Seperti dilansir dari Suara.com, Kamis, 22 September 2022, berikut 5 pemain Barcelona yang dijual dengan nominal tinggi hingga pecahkan rekor penjualan:

1. Neymar

Momen menggemparkan bagi Barcelona terjadi pada musim 2017-2018. Penyebabnya adalah Paris Saint-Germain (PSG) yang menembus klausul Neymar senilai 222 juta euro.

Hingga kini, nilai itu masih menjadi yang tertinggi dalam sejarah sepak bola Eropa serta dunia.


2. Arthur Melo

Nama Arthur Melo mungkin tidak diprediksi akan jadi salah satu pemain termahal Barcelona, namun inilah terjadi pada Juventus yang merogoh 72 juta euro guna merekrutnya.

Tentunya, nilai ini terbilang tinggi, bahkan mengalahkan pembelian Luis Figo yang dilakukan Real Madrid pada masanya.

3. Luis Figo

Salah satu bintang Barcelona yang didambakan adalah Luis Figo. Namun, kesetiaan pria Portugal itu akhirnya terbeli saat Real Madrid membayarnya senilai 60 juta euro.

Nili ini menjadi yang terbesar pada masanya, mengingat pembelian itu terjadi pada musim 2000-2001, sebelum sepak bola modern sebesar saat ini.

4. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez di masa jayanya menjadi pengganti David Villa yang sepadan dan mulai memudar keperkasaannya di atas lapangan.

Namun pemain asal Chile itu harus angkat kaki dari Camp Nou usai Arsenal berani mengeluarkan gocek sebesar 42 juta euro di musim 2014-2015.

5. Paulinho

Pria Brasil saat itu tak mampu menolak 42 juta euro yang disodorkan klub China, Guangzhou Evergrande kepada Barcelona.

Hingga pada musim 2018-2019, Barcelona melepas salah satu pemain terbaik Brasil yang sempat gagal di Premier League.